ANALISIS FAKTOR HARGA, LOKASI, PELAYANAN, PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA SUPERMARKET LESTARI GEMOLONG SRAGEN 2008/2009

ASTUTIK , PUJI (2009) ANALISIS FAKTOR HARGA, LOKASI, PELAYANAN, PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA SUPERMARKET LESTARI GEMOLONG SRAGEN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img]
Preview
PDF
A210050061.pdf

Download (109kB)

Abstract

ANALISIS FAKTOR HARGA, LOKASI, PELAYANAN, PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA SUPERMARKET LESTARI GEMOLONG SRAGEN TAHUN 2008/2009 Puji Astutik. A 210 050 061. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen; 2) pengaruh lokasi terhadap loyalitas konsumen; 3) pengaruh pelayanan terhadap loyalitas konsumen ; 4) pengaruh promosi terhadap loyalitas konsumen ; 5)pengaruh harga, lokasi, pelayanan, promosi terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di Supermarket Lestari Gemolong Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Supermarket Lestari Gemolong Sragen. Sampel diambil sebanyak 50 orang responden. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi linier berganda memperoleh persamaan garis regresi: Y = -6,040+ 0,467.X1 + 0,236.X2 + 0,213.X3 + 0,269.X4. Persamaan menunjukkan bahwa loyalitas konsumen dipengaruh oleh harga, lokasi, pelayanan, promosi. .Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Terdapat pengaruh positif faktor harga terhadap loyalitas konsumen pada Supermarket Lestari. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (4,108 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat pengaruh positif faktor lokasi terhadap loyalitas konsumen pada Supermarket Lestari. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,166 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5%. (3) Terdapat pengaruh positif faktor pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Supermarket Lestari. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,152 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5%. (4) Terdapat pengaruh positif faktor promosi terhadap loyalitas konsumen pada Supermarket Lestari. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (2,156 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5%. (5) Terdapat pengaruh positif faktor harga, lokasi, pelayanan, promosi terhadap loyalitas konsumen pada Supermarket Lestari. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (40,427 > 2,58) diterima pada taraf signifikansi 5%. Variabel harga memberikan sumbangan efektif 34,1%, lokasi memberikan sumbangan efektif 15,2%, pelayanan memberikan sumbangan efektif 15,9% dan promosi memberi sumbangan efektif 13,0% terhadap loyalitas konsumen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: harga, lokasi, pelayanan, promosi, loyalitas konsumen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2010 02:29
Last Modified: 15 Nov 2010 19:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5701

Actions (login required)

View Item View Item