ARDIANA , KRISTIN (2009) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008 / 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A210050021.pdf Restricted to Repository staff only Download (854kB) |
||
|
PDF
A210050021.pdf Download (100kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi dan 3) untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah I Surakarta tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 203 siswa. Sampel diambil sebanyak 127 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t,uji R2, dan sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Hasil analisis memperoleh persamaan garis regresi: Y = 7,006 + 0,655.X1 + 0,718.X¬2. Artinya prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh perhatian orang tua dan kemandirian belajar. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X1 > ttabel yaitu 5,521> 1,960 diterima pada taraf signifkansi 5%. (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil yang memperoleh thitung X2 > ttabel yaitu 5,565 > 1,960 diterima pada taraf signifkansi 5%. (3) Perhatian orang tua dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu (31,926 > 3,00) diterima pada taraf signifkansi 5%. (4) Hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai (R2) sebesar = 0,340 yang artinya perhatian orang tua dan kemandirian belajar dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi sebesar 34%. 5) Hasil perhitungan sumbangan efektif dan sumbangan relatif menunjukkan bahwa variabel perhatian orang tua memberikan sumbangan efektif 17,71%, variabel kemandirian belajar memberikan sumbangan efektif 16,29%, sehingga total sumbangan perhatian orang tua dan kemandirian belajar dalam meningkatkan prestasi belajar akuntansi sebesar 34% dan sisanya 66% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti, misalnya kreativitas, motivasi, minat dan lain sebagainya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perhatian orang tua, kemandirian belajar, dan prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 19 Jan 2010 07:48 |
Last Modified: | 24 Oct 2011 04:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5688 |
Actions (login required)
View Item |