Orientasi Minat Siswa SMP dalam Memilih Paket Keahlian di SMK Melalui Bimbingan Konseling

Sunaryati, Tutik and , Prof. Dr. Kumaidi, MA, Ph.D (2017) Orientasi Minat Siswa SMP dalam Memilih Paket Keahlian di SMK Melalui Bimbingan Konseling. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI-139.pdf

Download (946kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN-135.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
scan pernyataan publikasi.pdf

Download (575kB)

Abstract

This research is motivated that the graduates of Junior High School who to continue to Vocational High School feel difficulty in determining the skill package chosen. The purpose of this research is to know the impact of giving guidance and counseling service to junior high school student to match between personality type with skill package option in SMK. Research method using quasi experiment, with instrument of measuring scale of interest online. Interest scale assessment is done by looking at the level of personality type matches with the choice of skill packs. The research procedure begins with pretest of 637 respondents, then sampling convenience method get 90 respondents, divided into 45 students as control group and 45 students as experiment group. The experimental group received treatment in the form of guidance and counseling services based on manuals. Then done posttest to both groups. Data of research result is analyzed with descriptive statistic and t-test with 5 percent error level. The result of the research shows the difference of personality type match with the selection of skill packages between the control group and the experimental group. The data indicate that the category of high match rate in the control group increased by 17.8 percent, while in the experimental group there was an increase of 48,8 percent. The category of moderate match rates in the control group increased by 28.8 percent. The low level of match category in the control group is still high at 64.4 percent, while in the experimental group it is quite small at 22,2 percent. Based in calculation with a 5 percent error rate then the price t arithmatic -4,33 smaller than t table 1,67. Thuse it can be concluded that there are significant differences. Keywords: Vocational Interests, Counseling Guidance, Career Guidance Penelitian ini dilatar belakangi bahwa lulusan SMP yang melanjutkan ke SMK merasa kesulitan menentukan paket keahlian (jurusan) yang dipilih. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dampak pemberian layanan bimbingan dan konseling pada siswa SMP terhadap kecocokan antara type kepribadian dengan pilihan paket keahlian di SMK. Metode penelitian menggunakan quasi experiment, dengan instrument alat ukur skala minat online. Penilaian skala minat dilakukan dengan melihat tingkat kecocokan type kepribadian dengan pilihan paket keahlian. Prosedur penelitian diawali dengan pre test terhadap 637 responden. Hasil pre test terdapat 236 siswa dengan tingkat kecocokan rendah. Siswa dengan tingkat kecocokan rendah ini kemudian diambil sebagai sampel dengan metode convenience sampling memperoleh responden sebanyak 90, yang dibagi menjadi 45 siswa sebagai kelompok kontrol dan 45 siswa sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan berupa layanan bimbingan dan konseling berdasarkan buku panduan. Kemudian dilakukan post test terhadap kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistic deskriptif dan t-test dengan taraf kesalahan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan tingkat kecocokan tipe kepribadian dengan pemilihan paket keahlian antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data menunjukkan bahwa kategori tingkat kecocokan tinggi pada kelompok kontrol terjadi peningkatan sebesar 17,8 %, sedangkan pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan sebesar 48.8 persen. Kategori tingkat kecocokan sedang pada kelompok kontrol terjadi peningkatan sebesar 17,8 %, sedangkan pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan sebesar 28,8 %. Kategori tingkat kecocokan rendah pada kelompok kontrol masih cukup tinggi yakni sebesar 64,4 %, sedangkan pada kelompok eksperimen cukup kecil yakni sebesar 22,2 %. Berdasarkan perhitungan dengan taraf kesalahan 5 % maka harga t hitung -4,33 lebih kecil dari t tabel 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini membuktikan bahwa pemberian perlakuan berupa bimbingan konseling dengan buku panduan pada kelompok eksperimen dapat meningkatkan kecocokan antara type kepribadian dengan pilihan paket keahlian.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Vocational Interests, Counseling Guidance, Career Guidance, Minat Kejuruan, Bimbingan Konseling, Layanan Karir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: TUTIK SUNARYATI
Date Deposited: 31 Oct 2017 07:53
Last Modified: 31 Oct 2017 07:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/56695

Actions (login required)

View Item View Item