SETYANINGRUM, YUNIARTI (2009) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN PERSUASI DENGAN MEDIA POSTER IKLAN BERTEMA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A310050028.PDF Download (30kB) |
|
PDF
A310050028.PDF Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kualitas proses pembelajaran menulis karangan persuasi dengan media poster iklan bertema lingkungan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bantarbolang kabupaten Pemalang tahun ajaran 2008/2009; dan (2) kualitas hasil pembelajaran menulis karangan persuasi dengan media poster iklan bertema lingkungan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bantarbolang kabupaten Pemalang tahun ajaran 2008/2009. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Bantarbolang kabupaten Pemalang yang berjumlah 48 siswa (26 putri dan 22 putra). Pelaksanaan penelitian dimulai dari kondisi awal penelitian, siklus I, siklus II, sampai dengan siklus III yang masing-masing terdapat empat tahap di setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, pemberian tugas menulis karangan persuasi dan wawancara. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran, baik proses maupun hasil, menulis karangan persuasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bantarbolang kabupaten Pemalang melalui media poster iklan bertema lingkungan. Peningkatan kualitas proses terlihat dari meningkatnya keaktifan siswa: (1) selama mengikuti apersepsi, sebesar 51% pada siklus I, 70,83% pada siklus II, dan 75% pada siklus III; (2) selama memperhatikan penjelasan materi oleh guru, sebesar 51% pada siklus I, 64,53% pada siklus II, dan 83,33% pada siklus III; (3) mengamati poster iklan bertema lingkungan pada tiap-tiap siklus, sebesar 59,57% pada siklus I, 73% pada siklus II, dan 87,5% pada siklus III; (4) dalam berdiskusi, 34,04% pada siklus I, 58,33% pada siklus II, dan 77% pada siklus III; dan (5) dalam membuat kerangka dan mengembangkannya menjadi karangan persuasi, 93,61% pada siklus I, 95,83% pada siklus II, dan 100% pada siklus III. Peningkatan kualitas hasil pembelajaran dapat dilihat dari nilai karangan siswa. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa 42,55% atau sebanyak 20 siswa, pada siklus II 66,66% atau sebanyak 32 siswa, dan pada siklus III 100% atau sebanyak 48 siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis, karangan persuasi, poster iklan bertema lingkungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 13 Jan 2010 08:15 |
Last Modified: | 21 Apr 2011 04:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5649 |
Actions (login required)
View Item |