YULIANA, KARTIKA (2009) ANALISIS DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA LAGU ANAK-ANAK CIPTAAN A.T. MAHMUD. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A310050001.PDF Download (107kB) |
|
PDF
A310050001.PDF Restricted to Repository staff only Download (716kB) |
Abstract
Penelitian ini mengangkat masalah mengenai bagaimana penggunaan diksi dan gaya bahasa dalam lirik lagu anak-anak ciptaan A.T. Mahmud. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan penggunaan diksi dan gaya bahasa dalam lirik lagu anak-anak ciptaan A.T. Mahmud. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah penggunaan diksi dan gaya bahasa dalam lirik lagu anak-anak ciptaan A.T. Mahmud. Data dalam penelitian ini adalah penggunaan diksi dan gaya bahasa pada lagu anak-anak ciptaan A.T. Mahmud. Sumber dalam penelitian ini adalah sumber data tertulis yang berupa teks lagu anak-anak ciptaan A.T. Mahmud. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemakaian kata kongkrit, kata khusus, kata umum dan kata yang bermakna denotatif terlihat lebih mendominasi dari pemakaian kata abstrak, kata konotatif, kata lugas dan kata kiasan. Namun dalam penelitian ini diksi kongkrit lebih dominan. Dalam lagu anak-anak ciptaan A.T. Mahmud memakai gaya bahasa personifikasi, repetisi dan hiperbola. Namun dalam penelitian ini gaya bahasa repetisi lebih dominan. Dengan gaya bahasa yang indah, anak-anak diperkenalkan akan nilai estetika pada sebuah lagu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | diksi, gaya bahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 13 Jan 2010 07:43 |
Last Modified: | 24 Oct 2011 04:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5639 |
Actions (login required)
View Item |