PENGARUH KEDISIPLINAN MENTAATI TATA TERTIB SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS VIII SMPN 2 WONOSEGORO TAHUN PELAJARAN 2008/2009

SUPAGI, BAMBANG (2009) PENGARUH KEDISIPLINAN MENTAATI TATA TERTIB SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS VIII SMPN 2 WONOSEGORO TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220050001.PDF

Download (53kB)
[img] PDF
A220050001.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari kedisiplinan mentaati tata tertib sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan bagi siswa kelas VIII SMPN 2 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2008/2009”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMPN 2 Wonosegoro. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 214 siswa. Sampel diambil sebanyak 34 siswa dengan teknik Quota Purposive Area Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda dan dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: “Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari kedisiplinan mentaati tata tertib sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa kelas VIII SMPN 2 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2008/2009” dengan Freg > Ftabel yaitu, 12,115 > 3,305. Variabel kedisiplinan mentaati tata tertib sekolah memberikan sumbangan relatif sebesar 24,3% dan sumbangan efektif 10,7%. Sedangkan variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 75,7% dan sumbangan efektif 33,2%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn dibandingkan variabel kedisiplinan mentaati tata tertib sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan mentaati tata tertib sekolah, motivasi belajar dan prestasi belajar PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 Jan 2010 08:49
Last Modified: 24 Oct 2011 05:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5614

Actions (login required)

View Item View Item