EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN METODE INQUIRY DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Pada siswa kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Jumantono)

OKTAVIYANTINI, RINA DWI (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN METODE INQUIRY DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Pada siswa kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Jumantono). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050217.pdf

Download (50kB)
[img] PDF
A410050217.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan penggunaan metode NHT dan metode inquiry terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jumantono Tahun Ajaran 2008 – 2009 yang berjumlah 275 siswa dan yang digunakan sebagai sampel adalah kelas VII C untuk kelas eksperimen dan kelas VII D untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling, dimana setiap anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pokok yang terdiri dari metode tes dan metode angket dan metode bantu yang berupa metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik anava dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis anava dua jalan dengan sel tak sama pada = 5 % diperoleh : (1) ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode NHT dengan metode inquiry terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 5,580 , (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 5,488, (3) tidak ada interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 1,349.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode, prestasi dan motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 Jan 2010 07:34
Last Modified: 15 Nov 2010 19:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5597

Actions (login required)

View Item View Item