PENDEKATAN KONTRUKTIVISME DALAM BELAJAR MATEMATIKA UNTUK MENUNGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DEMAK (PTK Pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Demak)

SETYAWAN, ANGGA WAHYU (2009) PENDEKATAN KONTRUKTIVISME DALAM BELAJAR MATEMATIKA UNTUK MENUNGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 DEMAK (PTK Pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Demak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050193.pdf

Download (112kB)
[img] PDF
A410050193.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII SMP Negeri 3 Demak sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswa kelas VIIIE yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan review. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan 1) adanya peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar yang dapat dilihat dari a) kemampuan siswa dalam memahami masalah sebelum dilakukan tindakan sebesar 12,5% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 90%, b) kemampuan menyusun rencana dalam menyelesaikan masalah sebelum dilakukan tindakan sebesar 10% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 87,5%, c) kemampuan melaksanakan rencana yang telah disusun sebelum dilakukan tindakan sebesar 5% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 80% , d) kemampuan siswa dalam menarik kesimpulan sebelum dilakukan tindakan sebesar 0% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 77,5% serta 2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas sebelum dilakukan tindakan adalah 4,9 dan setelah dilakukan tindakan mencapai 7,6. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan kontruktivisme dalam belajar matematika dapat meningkatkan kemampuan berrfikir kritis siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontruktivisme, Berfikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 Jan 2010 07:22
Last Modified: 15 Nov 2010 19:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5595

Actions (login required)

View Item View Item