INDARWINI, DEWI (2009) PENDEKATAN INDUKTIF DISERTAI PEMBERIAN REINFORCEMENT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP DITINJAU DARI TINGKAT PARTISIPASI SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR (SMP N 3 Ngadirojo Wonogiri Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410050150.pdf Download (177kB) |
|
PDF
A410050150.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan antara reinforcement bentuk pemberian point setiap latihan soal untuk penambahan nilai dan reinforcement bentuk pujian dalam proses belajar mengajar dengan pendekatan induktif terhadap prestasi belajar mengajar matematika pada sub pokok bahasan segitiga; (2) pengaruh yang signifikan antara tingkat partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar dengan pendekatan induktif terhadap prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan segitiga; (3) interaksi antara reinforcement dan tingkat partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar dengan pendekatan induktif terhadap prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan segitiga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negri 3 Ngadirojo, Wonogiri tahun ajaran 2008/2009, sedang sampel yang diambil 2 kelas dari 5 kelas paralel. Sampel yang digunakan kelas VIIB dan VIIE yang diambil secara random sampling terhadap kelas dengan cara undian. Tehnik analisis data menggunakan anava dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat, dari anava sel tak sama dengan taraf signifikansi 5% diperoleh (1) FA: 14,403 > F tabel: 3,963 berarti Ho ditolak maka terdapat pengaruh prestasi belajar siswa pada sub pokok bahasan segitiga melalui reinforcement bentuk pemberian point setiap latihan soal untuk penambahan nilai dan reinforcement bentuk pujian dalam proses belajar mengajar dengan pendekatan induktif; (2) FB: 15,731 > F tabel: 3,114 berarti Ho ditolak maka terdapat pengaruh antara prestasi belajar mengajar pada sub pokok bahasan segitiga dengan tingkat partisipasi siswa yang berbeda dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan induktif; (3) FAB: 1,039< F tabel: 3,114 berarti Ho diterima maka tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan induktif terhadap prestasi belajar matematika pada sub pokok bahasan segitiga.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | reinforcement, partisipasi siswa, prestasi-belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 11 Jan 2010 08:45 |
Last Modified: | 24 Oct 2011 06:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5586 |
Actions (login required)
View Item |