PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN RESPON DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA (Pada Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang di Kelas VII SMP Negeri 2 Purwodadi Tahun Ajaran 2008/2009)

SUWANTI, SUWANTI (2009) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN RESPON DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA (Pada Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang di Kelas VII SMP Negeri 2 Purwodadi Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050040.pdf

Download (61kB)
[img] PDF
A410050040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk merancang media pembelajaran berbasis TIK pada sub pokok bahasan Persegi Panjang menggunakan Macromedia Flash 8, (2) untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap media pembelajaran berbasis TIK dengan menggunakan Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Purwodadi Kelas VIID semester 2 tahun ajaran 2008/2009 yaitu sebanyak 42 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket yang digunakan untuk mengumpulkan data secara langsung, observasi dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan secara langsung terhadap keseluruhan kegiatan pada obyek penelitian dan dokumentasi sebagai metode pendukung untuk memperoleh data tersebut. Rancangan Pembuatan Program dilakukan dengan studi pustaka, jalan atau alur penelitian, percobaan program dan analisis program. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dengan perancangan media pembelajaran berbasis TIK: (1) dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran yang menarik, interaktif, atraktif dan berkesan, (2) memudahkan guru dalam mengajar dan membantu siswa dalam belajar, (3) sebagai alat untuk meningkatkan respon dan minat belajar siswa, (4) memberikan tantangan bagi guru matematika untuk senantiasa berfikir, bertindak inovatif, komunikatif dan kreatif sesuai dengan kemajuan IPTEK sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perancangan media pembelajaran berbasis TIK dengan memanfaatkan Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan respon dan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Respon dan minat belajar, Persegi Panjang, Macromedia Flash 8
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 Jan 2010 08:22
Last Modified: 15 Nov 2010 19:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5581

Actions (login required)

View Item View Item