PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SUNAN KALIJAGA

SUPIYAH, TUTIK (2007) PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000000013.pdf

Download (93kB)
[img] PDF
G000000013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)

Abstract

Latar belakang masalah : Pada saat ini kesenian wayang, tembang Ilir-ilir upacara sekaten dan gerebeg maulud masih digemari oleh masyarakat walaupun hanya sekedar untuk ajang hiburan saja. Sehingga seni dan budaya Jawa yang bernuansa Islami ini tertinggal jauh dibandingkan dengan media dan teknologi modern yang tengah merajalela. Hal ini banyak memberi pengaruh negarif yang dapat mencemari jiwa dan akhlak masyarakat Jawa khususnya generasi muda sekarang. Seperti adanya lagu-lagu barat, discop, bioskop-film dan lain-lain, yang banyak digemari anak-anak muda sekarang bahkan anak kecilpun sudah mulai terpengaruh dengan budaya-budaya barat tersebut. Untuk itu budaya dan seni tersebut harus dilestarikan kembali dengan pendekatan-pendekatan yang halus tanpa paksaan agar masyarakat menjadi tertarik kembali sehingga terbentuklah nilai-nilai Islam yang berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunnah. Rumusan masalah : Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan dengan “bagaimanakah pendidikan Islam menurut pemikiran Sunan kalijaga?”. Tujuan dan manfaat penelitian : tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui dan meneliti lebih dalam tentang pendidikan Islam menurut pemikiran Sunan Kalijaga. Adapun manfaatnya adalah sebagai sumbangan khazanah ilmu pengetahuan Islam bagi pendidikan, menjadi literatur tambahan dalam pendalaman pengajaran pendidikan Islam bagi fakultas agama Islam jurusan tarbiyah, memperluas wawasan dan mendalami bidang yang menjadi pilihan spesialisasi yaitu program pendidikan agama Islam khususnya bagi peneliti. Metode penelitian : 1. Jenis penelitian, penelitian ini termasuk dalam penelitian bibliografis. 2. Sumber data : sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku karya Purwadi tentang “Sejarah Sunan Kalijaga Sintesis Ajaran Wali Sanga Vs She Siti Jenar”. Buku karya Achmad Chodjim tentang “Mistik dan makrifat Sunan Kalijaga”. Buku karya Ridin Sofwan tentang “Islamisasi di Jawa Walisongo Penyebar Islam di Jawa menurut penuturan babad”. Sumber data sekunder meliputi : ilmu pendidikan Islam, pendidikan agama Islam, pendidikan Islam di rumah, sekolah, dan masyarakat, filsafat pendidikan Islam, dan lainlainnya. 3. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi. 4. Metode analisis data menggunakan metode content analysis atau metode kajian isi. Kesimpulan : Pendidikan Islam atau juga transmisi Islam yang dipelopori oleh Sunan Kalijaga merupakan perjuangan brilian yang diimplementasikan dengan cara sederhana, yaitu menunjukkan jalan dan alternatif baru yang tidak mengusik tradisi dan kebiasaan lokal, serta mudah ditangkap oleh orang awam karena pendekatan-pendekatan Sunan Kalijaga yang konkret, realistis, tidak njlimet dan menyatu dengan kehidupan masyarakat yang mampu menyerap elemen-elemen budaya lokal dan asing, tetapi dalam waktu yang sama masih berdiri tegar di atas prinsip-prinsip Islam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2010 02:44
Last Modified: 15 Nov 2010 19:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5564

Actions (login required)

View Item View Item