PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI COLLABORATIVE LEARNING ( Pada Kelas VIII SMPN 1 Bendosari Sukoharjo Semester I Tahun 2007 / 2008 )

Haryanto, Danu Sri (2008) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI COLLABORATIVE LEARNING ( Pada Kelas VIII SMPN 1 Bendosari Sukoharjo Semester I Tahun 2007 / 2008 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030115.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika melaui Collaborative Learning. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tiga aspek yaitu peningkatan kemampuan bertanya siswa, peningkatan kemampuan pemecahan soal matematika dan peningkatan hasil belajar siswa. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII D SMP N 1 Bendosari, obyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII D sejumlah 40 siswa dan peneliti sebagai subjek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Analisis data secara diskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah 1) peningkatan keaktifan bertanya siswa dari putaran I yaitu 3 siswa (7,5%), putaran II 6 siswa (15%), putaran III 7 siswa (17,5%), 2) peningkatan kemampuan pemecahan soal matematika yang meliputi memahami soal dari putaran I yaitu 20 siswa (50%), putaran II 28 siswa (70%), putaran III 37 siswa (92,5%), memilih pendekatan atau strategi pemecahan dari putaran I yaitu 21 siswa (52,5%), putaran II 32 siswa (80%), putaran III 35 siswa (87,5%), menyelesaikan model dari putaran I yaitu 26 siswa (65%), putaran II 33 siswa (82,5%), putaran III 35 siswa (87,5%) dan menafsirkan solusi dari putaran I yaitu 13 siswa (32,5%), putaran II 25 siswa (62,5%), putaran III 31 siswa (77,5%), 3) peningkatan hasil belajar siswa dari putaran I yaitu 20 siswa (50%), putaran II 32 siswa (80%), putaran III 36 siswa (90%). Kesimpulan penelitian ini adalah Collaborative Learning dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa, meningkatkan kemampuan pemecahan soal matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan adanya peningkatan ketiga aspek tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika juga mengalami peningkatan yang cukup berarti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Pemecahan-Masalah, Collaborative-Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 26 Sep 2008 03:30
Last Modified: 17 Nov 2010 11:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item