Setiaji, Subkhan and , Drs. M. Farid Wajdi, MM., Ph.D (2017) Pengaruh Beban Kerja Dan Iklim Kerja Terhadap Stres Kerja Air Traffic Controller Dalam Sebuah Bandar Udara. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
00 HALAMAN PENDAHULUAN.pdf Download (671kB) |
|
PDF (BAB I)
01 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (167kB) |
|
PDF (BAB II)
02 BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
|
PDF (BAB III)
03 BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
|
PDF (BAB IV)
04 BAB IV PENGOLAHAN DATA DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
05 BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
06 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
|
PDF (Lampiran Tesis)
9 Lampiran Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi)
10 SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi Fix.pdf Download (1MB) |
Abstract
The objectives of this research is to analyze (1) The influence of workload towards air traffic controllers stress level in an airport, (2) The influence of working climate towards air traffic controllers stress level in an airport, (3) The average level of workload, working climate, and stress of air traffic controllers in an airport. This research uses quantitative method, consists of 62 air traffic controllers of three airports. In the data collecting uses questionnaire. To analyze the data, the researcher uses double regression method and Nasa-TLX S to assess the subjective workload. Based on the data analysis can be concluded that: (1) Workload contributes positive significant towards stress level of air traffic controllers; (2) Working climate contributes negative significant towards stress level of air traffic controllers; (3) The air traffic controllers workload average level is in a heavy level (91,71 percent), the working climate is in a fine level and excellent trend (79,26 percent), and the stress is in a normal level (58,61 percent). Key words: influence, workload, working climate, stress, air traffic controllers, an airport. Tujuan penelitian ini adalah untuk manganalisis (1) Pengaruh beban kerja terhadap tingkat stres para air taffic controller di dalam sebuah bandar udara, (2) Pengaruh iklim kerja terhadap tingkat stres para air taffic controller dalam sebuah bandar udara, (3) Tingkat rata-rata beban kerja, iklim kerja, dan stres kerja para air taffic controller dalam sebuah bandar udara. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan responden sebanyak 62 orang air traffic controller dari tiga bandar udara. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan metode regresi berganda dan analisis pengukuran beban kerja subyektif Nasa-TLX. Berdasarkan pada analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Beban kerja memberikan pengaruh postif signifikan terhadap tingkat stres para air taffic controller ; (2) Iklim kerja memberikan pengaruh negatif signifikan terhadap tingkat stres para air taffic controller; (3) Tingkat beban kerja rata-rata para air taffic controller berada pada tingkat sangat berat (91,71 persen), iklim kerja berada pada tingkat baik berkecenderungan sangat baik (79,26 persen), dan stres kerja berada para tingkat sedang atau wajar (58,61 persen). Kata kunci: pengaruh, beban kerja, iklim kerja, stres kerja, air traffic controller. sebuah bandar udara
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | influence, workload, working climate, stress, air traffic controllers, an airport, pengaruh, beban kerja, iklim kerja, stres kerja, air traffic controller. sebuah bandar udara |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with username p100070046 |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 06:01 |
Last Modified: | 08 Aug 2017 06:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/54608 |
Actions (login required)
View Item |