PENGARUH MODAL DAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN TERHADAP LABA USAHA PEDAGANG KAIN (Studi kasus : Pasar Kota Sragen)

Oktafiana, Vegawati (2009) PENGARUH MODAL DAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN TERHADAP LABA USAHA PEDAGANG KAIN (Studi kasus : Pasar Kota Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050172.pdf

Download (389kB)
[img] PDF
A210050172.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pengaruh modal usaha terhadap laba usaha pedagang kain, 2) Mengetahui pengaruh perilaku kewirausahaan terhadap laba usaha pedagang kain, dan 3) Mengetahui pengaruh modal usaha dan perilaku kewirausahaan terhadap laba usaha pedagang kain. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana data yang diperoleh dari sampel populasi penelitian kemudian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang digunakan lalu diinterpretasikan. Penelitian ini akan menguji pengaruh modal dan perilaku kewirausahaan terhadap laba usaha pedagang kain di Pasar Kota Sragen. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah 160 dan sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah 110 pedagang kain di Pasar Kota Sragen. Data diperoleh melalui angket, yang sebelumnya di uji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji T dan determinasi (R2) Hasil analisis regresi memperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau 69,694 > 3,08 (taraf signifikan 5%). Berarti antara modal usaha (X1) dan perilaku kewirausahaan (X2) secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap laba usaha (Y) yang ditunjukkan pula melalui persamaan regresi: Y = -1.101 + 0,258X1 + 0,109X2. Hasil perhitungan menunjukkan hasil bahwa thitung untuk modal usaha (X1) sebesar 2,639 > 1,98 dan perilaku kewirausahaan (X2) sebesar 4,551 > 1,98, harga thitung dari kedua variabel menunjukkan lebih besar dari ttabel (taraf signifikan 5%), berarti Ho ditolak, sehingga modal usaha (X1) dan perilaku kewirausahaan (X2) berpengaruh signifikan terhadap laba usaha (Y). Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,567 ini menunjukkan bahwa variabel modal usaha dan perilaku kewirausahaan berpengaruh terhadap laba usaha pedagang kain di Pasar Kota Sragen sebesar 56,7%. Variabel modal dan perilaku kewirausahaan masing-masing memiliki sumbangan relatif sebesar x1 = 18,99%, untuk x2 = 81,01% dan Sumbangan Efektif untuk modal = 10,8%, Sumbangan Efektif perilaku kewirausahaan = 45,9%, berarti total sumbangan efektif dari kedua variabel tersebut adalah 55,7% dan sisanya 44,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. yang artinya variabel perilaku kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap laba usaha.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: modal usaha, perilaku kewirausahaan dan laba usaha.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Dec 2009 03:26
Last Modified: 15 Nov 2010 21:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5284

Actions (login required)

View Item View Item