Abdillah, Ahmad Fida’ (2009) ANALISIS PENGARUH HARAPAN PELANGGAN DAN APLIKASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Perusahaan Penerbit dan Percetakan CV. Alwaah Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100050091.pdf Download (52kB) |
|
PDF
B100050091.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Persaingan yang terjadi dewasa ini begitu kerasnya antara pengusaha-pengusaha yang bergerak di bidang masing-masing. Perusahaan mengharapkan keuntungan yang maksimal dengan memanfaatkan berbagai cara dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang diharapkan bahwa konsumen tersebut akan merasa puas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) untuk menganalisis harapan pelanggan yang dijelaskan oleh pelanggan CV.Alwaah; 2) untuk menganalisis penilaian pelanggan terhadap aplikasi bauran pemasaran yang diterapkan oleh CV.Alwaah; 3) untuk menganalisis apakah harapan dan aplikasi bauran pemasaran dapat berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan CV.Alwaah; dan 4) untuk menganalisis apakah tingkat kepuasan merupakan mediasi antara harapan pelanggan dan aplikasi bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan CV.Alwaah. Populasi seluruh pelanggan CV.Alwaah dengan diambil sampel sebanyak 140 responden. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan alat analisis yang digunakan adalah AMOS 5. Hasil penelitian ini menemukan bahwa harapan pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai estimate sebesar 0,144 dan nilai CR sebesar 0,647. maka hipotesis pertama tidak terbukti. Harapan pelanggan melalui dimediasi kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil pengujian kausalitas dimana harapan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai estimate sebesar 0,532 dan nilai CR sebesar 2,192; serta kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai estimate sebesar 0,840 dan nilai CR sebesar 3,296 yang berarti bahwa kepuasan pelanggan dapat memediasi pengaruh harapan kerja terhadap loyalitas pelanggan secara tidak langsung, maka hipotesis kedua terbukti dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap loyalitas pelanggan, hasil penelitian menunjukkan nilai estimate sebesar -0,041 dengan nilai CR sebesar -0,191 yang berarti hipotesis ketiga dalam penelitian ini tidak terbukti bahwa bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Bauran pemasaran dimediasi kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil pengujian kausalitas dimana bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai estimate sebesar 0,569 dengan nilai CR sebesar 2,988; serta kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai estimate sebesar 0,840 dan nilai CR sebesar 3,296 yang berarti bahwa kepuasan pelanggan dapat memediasi pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan secara tidak langsung, maka hipotesis keempat terbukti dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harapan pelanggan, bauran pemasaran, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 05 Dec 2009 03:39 |
Last Modified: | 25 Sep 2018 03:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5277 |
Actions (login required)
View Item |