Husada, Dian Bayu and , Endang Zulaicha Susilaningsih, S.Kp., M.Kep (2017) Pola Asuh Ibu Pada Keberhasilan Toilet Training Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Negeri Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI-dian.pdf Download (326kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
1. cover-daftar isi baru.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I-dian.pdf Download (165kB) |
|
PDF (BAB 2)
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 3)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 4)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 5)
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) | Request a copy |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (PERSETUJUAN PUBLIKASI)
halaman persetujuan publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak Latar belakang: Pola asuh dan peran orang tua pada anak usia toddler dalam mengajarkan toilet training dengan tepat berfungsi untuk melatih dan mengontrol buang air besar dan buang air kecil. Pembelajaran toilet training pada anak berkebutuhan khusus memerlukan waktu yang lebih lama. Anak-anak berkebutuhan khusus membutuhkan peran orang tua untuk diajari dengan sabar dan penuh perhatian sehingga bisa mandiri dalam toilet training. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pola asuh ibu pada keberhasilan toilet training anak berkebutuhan khusus. Metode: Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah ibu dari anak berkebutuhan khusus penyandang tunagrahita di SLB Negeri Surakarta. Sampel penelitian sebanyak 28 orang ibu dengan pengumpulan responden menggunakan acidental sampling. Penelitian dilakukan pada bulan September 2016 sampai April 2017. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibuat peneliti yang sudah diuji sehingga valid dan reliabel, sedangkan analisis data menggunakan diskriptif tiap variabel. Hasil penelitian:. Sebesar 64,3% ibu cenderung menerapkan pola asuh demokratis memiliki anak berkebutuhan khusus yang berhasil dalam toilet training sebesar 57,1%, otoriter sebanyak 21,4% memiliki anak berkebutuhan khusus yang berhasil dalam toilet training sebesar 7,1% dan pola asuh permisif sebanyak 14,3% memiliki anak berkebutuhan khusus yang berhasil dalam toilet training sebesar 7,1%. Keberhasilan toilet training pada anak dengan kebutuhan khusus menunjukkan 71,4% dikategorikan berhasil dan sebanyak 28,6% dikategorikan tidak berhasil. Kesimpulan: Kecenderungan pola asuh demokratis pada keberhasilan toilet training anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Surakarta lebih tinggi presentasenya dari pada otoriter dan permisif. Keywords: pola asuh, toilet training, anak berkebutuhan khusus MOTHER’S PARENTING ON THE SUCCESS OF DISABLE CHILDREN TOILET TRAINING IN STATE SLB OF SURAKARTA Abstract Background: parenting and the role of parents in the toddler, in teaching toilet training appropriately is useful to train and control defecation and urination. The Learning of toilet training in disable children require the longer time. So that’s way the disable childern must be controlled well, teaching patiently, and full of caring so they can be independent in toilet training. The porpuse of this research to know mother’s parenting on the success of disable children toilet training. Methods: This study was a quantitative research with cross sectional method. The populationts are mothers of disable children who have retardation mental in state SLB of Surakarta. The sample are 28 mothers with accidental sampling.This research date on September 2016-April 2017. The colleting data was using quitionare created by researcher and it has been tested so valid and reliable while analyzing the data was using descriptive in each variable. Result of the study: 64,3% mostly of mothers do authotarian parenting having disable children who succes in toilet training is 57,1%., uthoritarian parenting is 21,4% having disable children who succes in toilet training 7,1%, and permissive parenting is 14,3% having disable children who succes in toilet training 7,1%. Succesful of toilet training in disable children indicated 71,4% categorized succesfullyand 28,6% is not succes. Conclusion: Mostly authiritarian parenting in successful of toilet training in disable children in state SLB of Surakarta higher than authotarian and permissive. Keywords: parenting, toilet training, disable children
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | parenting, toilet training, disable children |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | DIAN BAYU HUSADA |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 03:27 |
Last Modified: | 10 Jul 2017 07:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/52477 |
Actions (login required)
View Item |