TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI APOTEK INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SRAGEN

EKAWATI, MEILINA DYAH (2009) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI APOTEK INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SRAGEN. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
K100050204.pdf

Download (120kB)
[img] PDF
K100050204.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/K100/K1000...

Abstract

Sekarang ini yang menjadi salah satu tantangan dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah terpenuhinya harapan masyarakat akan mutu kualitas pelayanan farmasi yang dapat memberikan kepuasan. Rumah sakit selaku penyedia jasa dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk mencapai kepuasan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan obat yang dilakukan oleh apotek instalasi farmasi RSUD Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan kriteria pasien rawat jalan dan pengantarnya, umur 15 sampai 60 tahun. Pemilihan sampel dengan metode purposive sample. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner yang pertanyaannya mencakup 5 dimensi yaitu keandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan berwujud. Pengolahan dan analisis data dengan mencari nilai korelasi, yaitu membandingkan persepsi harapan pasien terhadap pelayanan di apotek instalasi farmasi RSUD Sragen dan uji validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS 15. Kinerja instalasi farmasi sebagian besar telah sesuai dengan harapan pasien, pasien merasa puas terhadap pemberian informasi cara pakai obat, cara penyimpanan obat, kejelasan penulisan etiket, efek samping obat, tindakan ketika lupa minum obat, fasilitas nomor antrian, keyakinan memperoleh obat dengan benar, kepahaman terhadap informasi obat, pelayanan tanpa memandang status sosial, ketanggapan terhadap keluhan pasien, pemantauan keberhasilan pengobatan, komunikasi yang baik, kenyamanan ruang tunggu, kebersihan lingkungan apotek dan tersedianya brosur kesehatan serta pasien merasa cukup puas terhadap waktu menunggu obat. Kata Kunci: kepuasan, kualitas pelayanan, apotek instalasi farmasi RSUD Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepuasan, kualitas pelayanan, apotek instalasi farmasi RSUD Sragen.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 03 Dec 2009 07:48
Last Modified: 15 Nov 2010 22:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5195

Actions (login required)

View Item View Item