SOLO BARU FOOD & BEVERAGE CENTER

SUPRIYANTI, DWI ASIH (2009) SOLO BARU FOOD & BEVERAGE CENTER. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D300050001.PDF

Download (230kB)
[img] PDF
D300050001.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Gagasan baru untuk menggalakkan kegiatan wisata mutlak diperlukan ditengah keterpurukan industri pariwisata saat ini. Diusianya yang ke 264 tahun lalu, kota Surakarta mencoba menetapkan diri sebagai kota MICE atau tempat penyelenggaraan wisata konvensi. Hal tersebut menjadi gagasan baru untuk menggalakkan kegiatan wisata, dimana Surakarta dinilai memiliki potensi besar dalam bisnis MICE, mengingat pertumbuhan ekonominya yang mantap, peningkatan tren pariwisata, serta keberhasilannya dalam pencitraan. Solo Baru yang merupakan konsep pengembangan kota mandiri bisnis namun masih menjadi kota Satelit yaitu kota yang perkembangannya selalu mengiringi perjalanan/laju pertumbuhan kota lama, karena masyarakatnya masih bergantung pada kota induk yang lebih besar yaitu Surakarta, dalam peranannya sebagai pendukung pertumbuhan dan pengembangan wilayah sekitarnya serta sebagai penyangga kota Surakarta sesuai dengan RUTRK Solo Baru tahun 1990-2010, secara langsung menuntut Solo Baru untuk mampu menjadi penyangga kota Surakarta termasuk dalam hal ditetapkannya Surakarta sebagai kota tujuan wisata konvensi. Hadirnya Grand Soba Hotel di Solo Baru yang mulai dioperasikan sekitar pertengahan tahun 2008 sudah mulai menunjukkan keberhasilan Solo Baru sebagai penyangga kota Surakarta yang menetapkan diri sebagai tujuan wisata konvensi. Namun kebutuhan dalam sebuah wisata konvensi tidak sekedar kamar-kamar hotel saja sebagai tempat penginapan. Kebutuhan akan food & beverage service juga merupakan kebutuhan pokok dalam wisata konvensi, hingga dalam prosentase anggaran belanja wisata konvensi mencapai 24 % dan menduduki posisi terbesar kedua dalam anggaran belanja wisata konvensi tersebut. Hadirnya Food & Beverage Center di Solo Baru yang hanya berjarak ± 1 km dari Grand Soba Hotel dan ± 7 km dari pusat kota Surakarta dapat semakin mendukung peranan Solo Baru sebagai penyangga kota Surakarta yang menetapkan diri sebagai kota tujuan wisata konvensi. Selain itu hadirnya food & beverage center sendiri dapat menjadi tempat tujuan wisata kuliner yang tengah menjadi tren wisata saat ini. Dari sasaran pengguna dan fungsi food & beverage center sebagai tempat coffe break, tempat makan ,tempat perjamuan besar, tempat wisata kuliner, tempat hiburan/refresing, konsep modern zen dengan lanndscape taman Jepang yang juga begitu kental dengan unsur zen yang selalu mengutamakan keseimbangan alam, merupakan konsep yang sangat tepat dalam perancangan food & beverage center yang sekaligus menjadi tempat refresing, karena alam diyakini mampu memberikan pandangan baru yang lebih segar. Perancangan Solo Baru Food & Beverage Center dilakukan melalui sebuah proses perencanaan yang merupakan hasil dari analisa terhadap data-data fisik dan non-fisik yang terkait, studi literatur serta studi komparasi yang menghasilkan sebuah konsep design Solo Baru Food & Beverage Center yang meliputi konsep site, landscape dan tata massa, kebutuhan-persyaratan dan organisasi ruang, konsep tampilan bangunan, struktur, utilitas, serta konsep pencahayaan dan penghawaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Food & Beverage Center, Solo Baru, Modern Zen.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 26 Nov 2009 07:58
Last Modified: 19 Feb 2011 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5032

Actions (login required)

View Item View Item