USAHA PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DALAM MELAKUKAN OPERASI HITUNG PADA ARITMATIKA SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING ( PTK Pembelajaran Matematika kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta )

Jannah, Nur (2008) USAHA PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DALAM MELAKUKAN OPERASI HITUNG PADA ARITMATIKA SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING ( PTK Pembelajaran Matematika kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan atau mengetahui peningkatan kemampuan matematika siswa dalam melakukan operasi hitung pada Aritmatika Sosial melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti yang berkolaborasi dengan guru matematika kelas VII dan Kepala Sekolah. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIID SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkam melalui metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data secara deskripsi kualitatif dengan presentasi model alur. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keaktifan siswa dalam bertanya hal-hal yang belum jelas pada guru atau siswa lain meningkat dari 10% menjadi 74,5%, keaktifan siswa dalam mengerjakan PR meningkat dari 50% menjadi 94,8%, keaktifan siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan meningkat dari 42,5% menjadi 82%, keaktifan siswa dalam mengemukakan ide meningkat dari 10% menjadi 28,2%, keaktifan siswa yang berupa berinteraksi dengan siswa lain dalam diskusi kelompok meningkat dari 25% menjadi 76,9%., keaktifan siswa yang maju mengerjakan soal secara mandiri meningkat dari 10% menjadi 25,6%, dan keaktifan siswa dalam mencatat materi yang disampaikan meningkat dari 52,5% menjadi 89,7%, serta peningkatan daya serap siswa terhadap materi pelajaranmeningkat dari 20% menjadi 76,9%. Kesimpulan penelitian ini adalah keaktifan siswa dalam pembelajaran dan daya serap siswa terhadap materi pelajaran dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reciprocal Teaching, Kemampuan Matematika, Keaktifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 19 Sep 2008 02:42
Last Modified: 17 Nov 2010 11:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item