ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LEVERAGE PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG ADA DI BURSA EFEK JAKARTA

SUJATMIKO, Sujatmiko (2009) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LEVERAGE PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG ADA DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040369.pdf

Download (157kB)
[img] PDF
B100040369.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan struktur aktiva, profitabilitas perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap leverage perusahaan. Sehingga dari hasil penelitian dapat dijadikan sebagai tambahan wacana serta dapat memberikan pemahaman dan manfaat yang lebih baik mengenai kebijakan permodalan perusahaan yang go public. Alat analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang go public dan terdaftar di BEJ selama periode 2003-2005. Adapun sampel dari penelitian ini adalah 65 perusahaan manufaktur yang go public dan terdaftar di BEJ selama periode 2003-2005 dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilannya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa struktur aktiva (X1) diperoleh nilai thitung = 15,432 > 1,984; sehingga secara individu berpengaruh signifikan terhadap leverage ratio. Profitabilitas (X2) diperoleh nilai thitung = -1,474 < 1,984; sehingga secara individu tidak berpengaruh signifikan terhadap leverage ratio. Ukuran perusahaan (X3) diperoleh nilai thitung = 2,171 > 1,984; sehingga secara individu berpengaruh signifikan terhadap leverage ratio. Hasil perhitungan secara serentak diperoleh Fhitung = 79,877 > 2,60; sehingga struktur aktiva, profitabilitas dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap leverage ratio. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,556 berarti bahwa struktur aktiva, profitabilitas dan ukuran perusahaan dapat menjelaskan tentang perubahan pada leverage ratio sebesar 55,6%, sedangkan sisanya sebesar 44,4% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model. Struktur aktiva merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap leverage ratio perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: struktur aktiva, profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage ratio
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 25 Nov 2009 06:30
Last Modified: 02 Jan 2012 05:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4987

Actions (login required)

View Item View Item