PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN 2008/2009

Puspitaningtyas, Rinda (2009) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050171.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img]
Preview
PDF
A210050171.pdf

Download (74kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui pengaruh disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. 2) Mengetahui pengaruh fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS, 3) Mengetahui pengaruh disiplin belajar dan fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun 2008/2009. Penelitian mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Kartasura. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kartasura. Dalam penelitian ini anggota populasi adalah sebanyak 240 siswa, sampel diambil sebanyak 142 siswa. Data pengaruh disiplin belajar dan fasilitas belajar diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar IPS diperoleh melalui dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa disiplin belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar IPS diperoleh persamaan : Y = 10,812 + 0,416X1 + 0,383X2. Uji F diperoleh Fhitung > Ftabel atau 145,972 > 3,06 (taraf signifikansi 5%) berarti antara disiplin belajar dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS. Uji t untuk variabel disiplin belajar siswa diperoleh thitung > dari ttabel atau 8,064 > 1,98 dan untuk variabel fasilitas belajar diperoleh thitung > ttabel atau 5,850 > 1,98 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kartasura. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,677 ini menunjukkan bahwa variabel disiplin belajar dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS sebesar 67,7%. Sedangkan sisanya sebesar 32,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Besarnya sumbangan relatif untuk variabel X1 sebesar 51,68%, untuk X2 sebesar 48,32% dan besarnya sumbangan efektif untuk X1 sebesar 35% dan untuk X2 sebesar 32,74%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar, fasilitas belajar, dan prestasi belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 24 Nov 2009 08:52
Last Modified: 16 Nov 2010 00:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4976

Actions (login required)

View Item View Item