UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Salatiga )

Kurniawati, Meyla (2008) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Salatiga ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran matematika dan dapat juga meningkatkan kreativitas siswa dalam mengemukakan ide dan melakukan percobaan/demons trasi dengan menggunakan alat peraga terhadap kegiatan belajar mengajar matematika pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, 2) meningkatan minat dan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan kontekstual. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 6 Salatiga yang berjumlah 42 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika dan kepala sekolah. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan persentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : 1) peningkatan minat siswa dalam pembelajaran matematika yang dibatasi pada perasaan senang siswa mencapai 34 siswa (81%), perhatian siswa mencapai 33 siswa (78,6%), dan kemauan siswa mencapai 32 siswa (76,2%) serta dalam upaya peningkatan kreatifitas siswa dalam mengemukakan ide dan mela kukan percobaan / demonstrasi dengan menggunakan alat peraga terhadap pembelajaran matematika mencapai 35 siswa (83,3%); 2) dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual (pendekatan kontekstual) siswa : a) mudah mengingat dan memahami serta dapat membangun sendiri pengetahuannya; b) memiliki kemauan sehingga siswa termotivasi untuk belajar matematika; c) semakin berani dalam melakukan ide dan melakukan demonstrasi dengan menggunakan alat peraga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Minat, Kreativitas, Pendekatan, kontekstual.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 18 Sep 2008 02:17
Last Modified: 17 Nov 2010 11:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item