PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

Puspitaningrum, Dwi (2009) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050154.pdf

Download (65kB)
[img] PDF
A210050154.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa; 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa; 3) pengaruh motivasi berprestasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Penelitian ini mengunakan metode penelitian deskriptif yang penarikan kesimpulannya didasarkan pada hasil analisis secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas XI SMK Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 80 siswa. . Sampel diambil sebanyak 66 siswa dan diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji cobakan dan telah diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi (R2), dan perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi ganda memperoleh persamaan garis regresi sebagai berikut: Y = 0,031 + 0,081.X1 + 0,069.X¬2. Artinya tinggi rendahnya prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh motivasi berprestasi dan kemandirian belajar. Selanjutnya hasil uji hipotesis menyimpulkan: (1) Motivasi berprestasi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung variabel motivasi berprestasi sebesar 6,572 lebih besar dari ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%, sehingga Ho ditolak. Motivasi berprestasi memberikan kontribusi sebesar 39% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung variabel kemandirian belajar sebesar 3,745 lebih besar dari ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5%, sehingga Ho ditolak. Kemandirian belajar memberikan kontribusi sebesar 16,4% terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. (3) Motivasi berprestasi dan kemandirian belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 39,059 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,15 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Ho ditolak. Kontribusi variabel motivasi berprestasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi adalah sebesar 55,4%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi berprestasi, kemandirian belajar, prestasi belajar kuntansi keuangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 24 Nov 2009 07:56
Last Modified: 16 Nov 2010 00:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4965

Actions (login required)

View Item View Item