PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KESTABILAN EMOSI DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007 / 2008

Lutviah, Uvi (2009) PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KESTABILAN EMOSI DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007 / 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410960021.pdf

Download (29kB)
[img] PDF
A410960021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4109...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari kestabilan emosi. 2) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari kepercayaan diri. 3) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari kestabilan emosi dan kepercayaan diri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta yang berjumlah 5 kelas.Sampel yang diambil yaitu siswa kelas VIIIA dan kelas VIIIC.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode pokok berupa metode angket dan metode dokumentasi sedangkan metode bantu yang berupa metode observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik ANAVA atau ANOVA (Analysis of Variance) dua jalan sel tak sama. Hasil analisis dengan taraf signifikansi α = 5% menunjukkan FA 208,1 ≥ Ftabel 3,35, FB 4,212 ≥ Ftabel 4,21 dan FAB 686,8 ≥ Ftabel 3,35.Maka dapat disimpulkan 1.Ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari kestabilan emosi pada siswa, maka disarankan sekolah dapat memperhatikan aspek, faktor dan strategi melatih kestabilan emosi siswa. 2.Ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari kepercayaan diri pada siswa, maka sarankan sekolah dapat memperhatikan aspek, faktor intern dan faktor ekstern kepercayaan diri siswa. 3.Ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari kestabilan emosi dan kepercayaan diri pada siswa, maka disarankan sekolah dapat memperhatikan aspek, faktor dan strategi melatih kestabilan emosi dan dapat memperhatikan aspek, faktor intern dan faktor ekstern kepercayaan diri siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, kestabilan emosi, kepercayaan diri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2009 03:58
Last Modified: 24 Oct 2011 05:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4938

Actions (login required)

View Item View Item