EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DITINJAU DARI POLA BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER 2 ( MTs Negeri Bekonang Tahun Ajaran 2008/2009 )

Sucihati, Dina Tri (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DITINJAU DARI POLA BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER 2 ( MTs Negeri Bekonang Tahun Ajaran 2008/2009 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050249.pdf

Download (50kB)
[img] PDF
A410050249.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dan konvensional terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh pola belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh interaksi antara metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dan konvensional dengan pola belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Bekonang (5 kelas). Sampel yang digunakan yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 44 siswa, sedangkan kelas kontrol adalah siswa kelas VII A dengan jumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan tehnik random sampling cara undian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, dokumen dan tes. Pengujian prasyarat analisis dilakukan dengan metode Liliefors untuk uji normalisis dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan 2 x 3 dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw II menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik bila dibandingkan dengan metode konvensional pada pokok bahasan segiempat diperoleh Fa = 6,394 > Ftabel = 3,965 pada taraf signifikansi sebesar 5 % dan rataan marginalnya a1= 7,658 > a2 = 5,871 ,(2) pola belajar yang baik sama efektifnya dengan pola belajar cukup baik, pola belajar baik lebih efektif daripada pola belajar kurang baik, sedangkan pola belajar cukup baik sama efektifnya dengan pola belajar kurang baik pada pokok bahasan segiempat diperoleh Fb = 3,553 > Ftabel = 3,115 pada taraf signifikansi 5 % dan rataan marginalnya b1 = 7,813 > b3 = 5,532, dan (3) tidak ada pengaruh interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II dan konvensional dengan pola belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan segiempat diperoleh Fab = 0,520 < Ftabel = 3,115 pada taraf signifikansi 5 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi, Pembelajaran, Kooperatif, Pola-Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2009 03:54
Last Modified: 16 Nov 2010 00:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4936

Actions (login required)

View Item View Item