PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN BELAJAR MATEMATIKA ( PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Mondokan Sragen)

Kusumaningrum, Adelia (2009) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN BELAJAR MATEMATIKA ( PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Mondokan Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050244.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
A410050244.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Everyone is a teacher here pada pokok bahasan segi empat ( persegi panjang dan persegi ) serta meningkatkan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran Everyone is a teacher here. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Mondokan yang berjumlah 43 siswa sedangkan pemberi tindakan adalah guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan segi empat ( persegi panjang dan persegi ). Hal ini dapat dilihat dari : 1) kemampuan siswa mengerjakan soal matematika sebelum diadakan tindakan sebesar 11,36 % dan sesudah tindakan mencapai 34,09 %, 2) kemampuan siswa memberikan tanggapan sebelum adanya tindakan sebesar 18,18 % dan sesudah tindakan mencapai 40,91 %, 3) kemampuan siswa dalam mengajukan ide sebelum tindakan sebesar 15,91 % dan sesudah tindakan mencapai 29,55 %. 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan sebesar 20,45 % dan sesudah tindakan mencapai 43,18 %. 5) kemampuan siswa dalam memenfaatkan sumber belajar yang ada sebelum tindakan sebesar 34,09 % dan sesudah tindakan mencapai 54,55 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, everyone is a teacher here, keaktifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2009 03:50
Last Modified: 24 Oct 2011 05:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4935

Actions (login required)

View Item View Item