PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 2 Grobogan )

Musriah, Musriah (2009) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 2 Grobogan ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410050236.pdf

Download (64kB)
[img] PDF
A410050236.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode student facilitator and explaining. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Grobogan yang berjumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari 1) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 9.52%, sesudah tindakan naik menjadi 52.38%, 2) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 16.67%, sesudah tindakan naik menjadi 66.67%, 3) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan sebesar 21.43%, sesudah tindakan naik menjadi 61.9%, 4) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 28.57%, sesudah tindakan naik menjadi 73.81%, serta 5) keaktifan dalam menyanggah atau menyetujui ide teman sebelum tindakan sebesar 33.33%, sesudah tindakan naik menjadi 85.71%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya 30.95%, sesudah tindakan prestasi belajar siswa naik menjadi 95.24%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode student facilitator and explaining dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, pembelajaran, metode student facilitator and explaining
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Nov 2009 03:42
Last Modified: 24 Oct 2011 05:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4931

Actions (login required)

View Item View Item