Rahmawati, Ratih Laila (2008) PENGARUH METODE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410050222.pdf Download (73kB) |
|
PDF
A410050222.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode pembelajaran tehadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII semester II SMP Muhammadiyah 6 Plupuh tahun ajaran 2008/2009. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cluster random. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode dokumentasi dan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi (anava) dua jalur yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk = 5% dapat disimpulkan (1) tidak ada pengaruh metode pembelajaran tehadap prestasi belajar matematika, (2) ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, ini berarti metode kepala bernomor terstruktur lebih efektif dari metode kooperatif tipe jigsaw yang tidak tergantung pada motivasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode, prestasi, dan motivasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Nov 2009 03:21 |
Last Modified: | 10 Dec 2014 07:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4924 |
Actions (login required)
View Item |