Fadmawati, Retno Okotory (2008) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE SCRAMBLE DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 JUWIRING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410050221.pdf Download (25kB) |
|
PDF
A410050221.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika; 2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika; 3) interaksi antara metode pembelajaran dengan keaktifan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negari 1 Juwiring tahun ajaran 2008 / 2009 sebanyak dari enam kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan VIID sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dengan metode lilliefors dan uji homogenitas dengan metode bartlett. Dari hasil penelitian dengan mengambil α = 5% diperoleh kesimpulan : 1) ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 7,61 ; 2) ada pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika Fhitung = 7,23 ; 3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 0,42.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | eksperimen, pembelajaran, keaktifan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Nov 2009 03:17 |
Last Modified: | 02 Jan 2012 10:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4923 |
Actions (login required)
View Item |