Utaminingsih, Utaminingsih (2008) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN RME (Realistic Mathematic Education) PADA POKOK BAHASAN TABUNG DAN KERUCUT (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mojosongo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410030003.pdf Restricted to Repository staff only Download (892kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran dengan pendekatan RME guna mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi siswa dalam pembelajaran matematika. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Mojosongo yang berjumlah 40 siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VIII. Sedangkan yang membantu peneliti dalam hal perencanaan pengumpulan, analisis data dan penarikan kesimpulan adalah guru matematika kelas VIII SMP N 2 Mojosongo. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Analisis data secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : 1) Upaya peningkatan keaktifan dan prestasi siswa dilakukan melalui pembenahan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan pendekatan RME. 2) Peningkatan persentase keaktifan siswa dalam bertanya mencapai 75%, dalam mengerjakan latihan soal mencapai 95%, maju ke depan mencapai 37,5%, maju ke depan dan menjelaskan mencapai 25%. 3) Peningkatan persentase prestasi siswa rata-rata kelas pada tes awal 4,96, simpangan awal 1,16 sedangkan rata-rata kelas pada tes akhir 5,99 dan simpangan akhir 1,02.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | meningkatkan, keaktifan, prestasi belajar, matematika. Pendekatan RME. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 17 Sep 2008 07:19 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 11:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/492 |
Actions (login required)
View Item |