Wijayanti, Ari (2009) PENGARUH TARIF, FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A210050136.pdf Download (56kB) |
|
PDF
A210050136.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh faktor tarif, fasilitas dan pelayanan baik secara individu maupun secara bersama-sama terhadap tingkat kepuasan konsumen rawat inap; 2) faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan konsumen rawat inap. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen di PKU Muhammadiyah Karanganyar yang menjalani rawat inap pada saat penelitian yang berjumlah 200 orang. Sampel yang diambil sebanyak 50 orang siswa (25%) yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 2,243 + 0,378.X1 + 0,471.X2 + 0,252.X3. Artinya kepuasan konsumen dipengaruhi oleh tarif, fasilitas, dan pelayanan. Besar pengaruh tarif, fasilitas, dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 74,4%, sedangkan 25,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya keramahan, kualitas pelayanan, tingkat kesembuhan, dan lain-lain. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Tarif berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen PKU Muhammadiyah Karanganyar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 3,056 lebih besar dari ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%; 2) Fasilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen PKU Muhammadiyah Karanganyar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 4,072 lebih besar dari ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%; 3) Pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen PKU Muhammadiyah Karanganyar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X3 = 2,585 lebih besar dari ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%; 4) Tarif, fasilitas, dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen PKU Muhammadiyah Karanganyar. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 44,639 lebih besar dari Ftabel (2,84) pada taraf signifikansi 5%; 5) Hasil perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif menunjukkan bahwa variabel tarif memberikan sumbangan efektif 22,3%, variabel fasilitas jabatan memberikan sumbangan efektif 35,5%, dan variabel pelayanan memberikan sumbangan efektif 16,6% terhadap kepuasan konsumen.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tarif, fasilitas, pelayanan, kepuasan konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Nov 2009 02:33 |
Last Modified: | 16 Apr 2011 04:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4913 |
Actions (login required)
View Item |