Rancang Bangun Media Pembelajaran Dan Permainan Edukatif “Pandawa” Pandai Aksara Jawa

Rahmadzani, Rifqi Fauzi and , Dr. Heru Supriyono, S.T., M.Sc. (2017) Rancang Bangun Media Pembelajaran Dan Permainan Edukatif “Pandawa” Pandai Aksara Jawa. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi (Rifqi Fauzi Rahmadzani) ePrints.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
Surat Pernyataan Publikasi (Perpustakaan).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Aksara Jawa saat ini masih menjadi salah satu mata pelajaran yang cukup sulit dipelajari karena bentuk tulisannya tidak seperti huruf biasa. Sebagaimana pelajaran pada umumnya, materi Aksara Jawa masih disampaikan berbasis media cetak, sehingga terkadang proses belajar mengajar terkesan kurang interaktif serta kurang memberikan suasana yang menyenangkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membantu mempelajari Aksara Jawa menjadi lebih menarik dan interaktif bagi pelajar, yaitu dengan media game edukasi yang dapat dimainkan pada perangkat desktop maupun mobile. Permainan ini disajikan dalam bentuk visual 2D yang dibuat dengan game engine Construct 2 menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran dan permainan edukatif “Pandawa” Pandai Aksara Jawa. Pada permainan ini memiliki beberapa menu utama diantaranya menu pengenalan dan menu permainan. Berdasarkan hasil pengujian penerimaan calon pengguna yang dilakukan kepada siswa-siswi kelas 6 MIM 1 Potronayan Nogosari dan Forum Guru Muhammadiyah se-kecamatan Nogosari Boyolali bertempat di MIM 1 Potronayan Nogosari Boyolali dapat diketahui sebanyak 91% responden setuju bahwa media pembelajaran dan permainan edukatif ini menarik, interaktif dan menyenangkan.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Additional Information: Program aplikasi permainan edukasi bernama Pandawa (Pandai Aksara Jawa) yang dapat di jalankan oleh berbagai jenis platform mobile (android, ios) maupun desktop (windows, mac, linux). Dengan bantuan game engine Construct 2 sebagai media perancangan sistem, serta berbagai perangkat lainnya dalam membantu proses pembuatan game. Pada proses pembuatan permainan Pandawa ini penulis akan menguraikan beberapa urutan perancangan diantaranya mulai dari pembuatan storyboard, asset-asset permainan, music dan sound, pengkodean (scripting). Setelah beberapa rangkaian tersebut terbentuk maka selanjutnya dengan melakukan pengujian apakah program dapat dieksekusi dengan baik atau belum. Jika kondisi dalam proses pengujian sudah memenuhi kriteria seperti yang diinginkan maka langkah terakhir dengan melakukan user testing. Hasil dari pembuatan permainan ini terdiri dari beberapa rangkain elemen. Masing-masing elemen memiliki fungsi-fungsi tertentu diantaranya merupakan menu awal yang memuat beberapa navigasi pada permainan, selanjutnya terdapat dua elemen navigasi lainnya yakni pengenalan yang berisikan modul pengenalan pola aksara jawa dan permainan yang terdiri dari beberapa macam bentuk permainan aksara jawa. Gagasan dari pembuatan game edukasi ini adalah bagaimana kita mengenalkan bentuk pola aksara jawa secara interaktif dan menyenangkan. Sehingga dengan dibuatnya sistem media pembelajaran berbasis multi platform ini akan menumbuhkan minat dan rasa suka terhadap aksara jawa sendiri.
Uncontrolled Keywords: Permainan, Edukasi, Aksara Jawa, Construct 2, Multi Platform.
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: RIFQI FAUZI RAHMADZANI
Date Deposited: 06 Feb 2017 04:34
Last Modified: 06 Feb 2017 04:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/49006

Actions (login required)

View Item View Item