UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Di SMP Negeri 26 Surakarta)

Setyani, Wahyu Widhi (2008) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS) (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Di SMP Negeri 26 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410020086.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Menganalisis dan menguji peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournaments), 2) Menganalisis dan menguji peningkatan tim yang mempunyai ratarata lebih besar sama dengan 40 dalam turnamen, 3) Menganalisis dan menguji peningkatan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe TGT. Subyek pemberi tindakan adalah guru kelas VII SMP Negeri 26 Surakarta, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A sejumlah 40 siswa, subyek yang membantu pelaksanaan dan memberikan izin mengadakan penelitian adalah kepala sekolah dan peneliti sebagai subyek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, review dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan presentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : 1) peningkatan keaktifan siswa bertanya terhadap pembelajaran matematika mencapai 25 siswa (64,10%), dan keaktifan siswa mengerjakan latihan soal tercapai 34 siswa (87,18%), 2) banyaknya tim yang memperoleh rata-rata 40 mencapai 9 tim (90 %), 3) daya serap siswa setelah penelitian mencapai 33 siswa (84,61%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga hasil belajar siswa juga meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Keaktifan, Pembelajaran, Kooperatif, TGT, Hasil-belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 17 Sep 2008 06:39
Last Modified: 17 Nov 2010 11:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item