PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA, PERHATIAN ORANG TUA DAN KONDISI LINGKUNGAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas II SMP Negeri I Bumiayu)

Kusumawati, Indah (2008) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA, PERHATIAN ORANG TUA DAN KONDISI LINGKUNGAN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Pada Siswa Kelas II SMP Negeri I Bumiayu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410020066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kedisiplinan siswa, perhatian orang tua dan kondisi lingkungan kelas secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas II SMP Negeri I Bumiayu, (2) Pengaruh Kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika, (4) Pengaruh kondisi lingkungan kelas terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas II SMP Negeri I Bumiayu Semester I tahun 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMP Negeri I Bumiayu sebanyak 240 siswa yang terdiri dari 6 kelas .Dalam penelitian ini sampel diambil 80 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Cara pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi, dan wawancara. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinearitas, sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis regresi linear ganda. Berdasarkan hasil penelitian ini, dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa terdapat: (1) Pengaruh kedisiplinan siswa, perhatian orang tua dan kondisi lingkungan kelas terhadap hasil belajar matematika dengan persamaan regresi Y = - 53,268 + 0,539 1 X + 0,795 2 X + 0,882 3 X dan koefisien determinasi 2 R = 0,584, (2) pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika, (4) Pengaruh kondisi lingkungan kelas terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kediplinan, perhatian orang tua dan kondisi lingkungan kelas siswa berpengaruh terhadp hasil belajar matematika baik secara simultan maupun parsial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Perhatian orang tua, Kondisi lingkungan kelas, Hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 17 Sep 2008 04:01
Last Modified: 17 Nov 2010 11:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/488

Actions (login required)

View Item View Item