Analisa Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Atas Jasa Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Pandan Arang Di Kabupaten Boyolali

Widodo, Muhamad Adnan and , Drs. Wiyadi, MM., Ph.D (2009) Analisa Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Atas Jasa Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Pandan Arang Di Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
B100050310.PDF

Download (34kB)
[img] PDF (Skripsi Fulltext)
B100050310.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor lingkungan fisik fasilitas dan pemberian pelayanan berpengaruh secara positif terhadap tingkat kepuasan konsumen atas jasa pelayanan rawat inap Rumah Sakit Umum Pandan Arang di Kabupaten Boyolali dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen atas jasa pelayanan rawat inap Rumah Sakit Umum Pandan Arang di Kabupaten Boyolali. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu sumber informasi mengenai permasalahan dan kebutuhan serta keinginan pasien terhadap kepuasan pelayanan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap yang ada di RSU Pandan Arang Boyolali Kabupaten Boyolali. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang pasien atau keluarga pasien Rumah Sakit Umum Pandan Arang Kabupaten Boyolali dengan random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil perhitungan t statistik untuk variabel lingkungan fisik diperoleh nilai thitung sebesar 3,553 > 1,985 sehingga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen jasa rawat inap Rumah Sakit Umum Pandan Arang di Kabupaten Boyolali. Hasil perhitungan t statistik untuk variabel fasilitas diperoleh nilai thitung sebesar 3,738 > 1,985 sehingga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen jasa rawat inap Rumah Sakit Umum Pandan Arang di Kabupaten Boyolali. Hasil perhitungan t statistik untuk variabel pelayanan diperoleh nilai thitung sebesar 4,703 > 1,985 sehingga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen jasa rawat inap Rumah Sakit Umum Pandan Arang di Kabupaten Boyolali. Berdasarkan hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung 34,832 > 2,68 sehingga lingkungan fisik, fasilitas dan insetif secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen jasa rawat inap Rumah Sakit Umum Pandan Arang di Kabupaten Boyolali. Hasil perhitungan diperoleh nilai R2 sebesar 0,521; berarti bahwa lingkungan fisik, fasilitas, pelayanan dapat menjelaskan tentang variasi perubahan kepuasan konsumen jasa rawat inap Rumah Sakit Umum Pandan Arang di Kabupaten Boyolali sebesar 52,1%, sedangkan sisanya sebesar 47,9% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pelayanan merupakan variabel yang mempunyai nilai koefisien besar jika dibandingkan dengan lingkungan fisik dan fasilitas, yaitu sebesar 0,870. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen jasa rawat inap Rumah Sakit Umum Pandan Arang di Kabupaten Boyolali dibandingkan dengan fasilitas dan lingkungan fisik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lingkungan fisik, fasilitas, insetif, kepuasan pasien
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic Development
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Gatiningsih
Date Deposited: 20 Nov 2009 08:12
Last Modified: 14 Nov 2024 03:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4864

Actions (login required)

View Item View Item