DINAMIKA PENDEKATAN PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SD IT AL ANISKARTASURA SUKOHARJO TAHUN 2008/2009

MUBAROK, ARIS HELMI (2009) DINAMIKA PENDEKATAN PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SD IT AL ANISKARTASURA SUKOHARJO TAHUN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
G000060066.pdf

Download (120kB)
[img] PDF
G000060066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/G000/G0000...

Abstract

Menghafal al-qur’an adalah pekerjaan yang sangat mulia. Mengajarkan al-Qur’an kepada generasi penerus (anak-anak) merupakan amanah yang sangat besar dan tugas yang sangat mulia. Tugas ini senantiasa memerlukan perkembangan dan inovasi dalam sistem pengajarannya sehingga memerlukan keseriusan yang sangat dan kepedulian yang ekstra dari setiap pendidik. Untuk itu tugas bagi para pendidik adalah mencari metode terbaik untuk mengajarkan al-Qur’an pada anak-anak. Maka dalam hal ini penulis berusaha meneliti metode pembelajaran yang diterapkan di SDIT AL ANIS Kartasura. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah : bagaimanakah dinamika pendekatan pembelajaran yang diterapkan di SDIT Al ANIS Kartasura? apa sajakah faktor pendukung dan penghambatnya?serta bagaimanakah mengantisipasinya Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SDIT AL-ANIS dan daya dukung dan kendala dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SDIT AL-ANIS, dan bagaimana mengatasinya. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi lebih lanjut untuk mengefektifkan/meningkatkan pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SDIT Al-Anis pada khususnya dan bagi generasi islam pada umumnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan populasi dan sampel dengan tekhnik sampel total, sehingga seluruh populasi di teliti, yaitu guru tahfidzul qur’an kelas III, siswa kelas III, Kepala Sekolah, Staf pengajar dan karyawan SDIT AL ANIS. Dalam pengumpulkan data skripsi, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: Eksperimen, Observasi, Interview, dan Dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis tidak menggunakan rumus statistik tapi menggunakan deskriptif analisis dengan cara berfikir Induktif, Deduktif , Komparatif. Dari hasil penelitian penulis dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tahfidzul qur’an dengan pendekatan kontemporer sudah cukup efektif dan berjalan dengan baik, baik secara kualitas maupun kuantitas dibanding dengan pengajaran yang menggunakan pendekatan konvensional. Hal ini didukung dengan metode yang kreatif seperti dalam Hifdzil Jadid, penerapan metode talqin diperkuat dengan Gerakan non verbal, Cerita bergambar, dan metode kitabah. Kedua, dalam penerapan Takrir (pengulangan) diperkuat dengan metode permaianan. dalam penjagaan hafalan tidak hanya dengan penugasan di sekolah saja tapi juga dirumah. Keberhasilan pembelajaran juga didukung dengan banyak faktor diantaranya Tenaga Pendidik, Lingkungan, Sistem Evaluasi, Waktu, alat dan media. Sedangkan faktor utama yang menjadi penghambat dalam pembelajaran tahfidzul qur’an banyak dipengaruhi dari berbagai pihak yang saling berkaitan antaralain : pendidik/pihak sekolah, peserta didik, dan orangtua. Beberapa saran penulis kepada kepala sekolah untuk selalu memantau proses pembelajaran serta meningkatkan SDM guru dan melengkapi sarana prasarana yang belum ada. Untuk guru untuk selalu meningkatkan penguasaan metode, dan untuk orang tua untuk selalu bekerjasama dengan pihak sekolah dalam pembelajaran anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TAHFIDZUL QUR’AN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Nov 2009 07:26
Last Modified: 16 Nov 2010 01:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4851

Actions (login required)

View Item View Item