PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA PADA KELAS PERMULAAN SMP ISLAM TERPADU DARUL FIKRI BAWEN KABUPATEN SEMARANG

SUGIYANTO, SUGIYANTO (2009) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA PADA KELAS PERMULAAN SMP ISLAM TERPADU DARUL FIKRI BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
G000050125.pdf

Download (65kB)
[img] PDF
G000050125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/G000/G0000...

Abstract

Pendidikan membaca dan menulis al-Qur’an adalah kewajiban bagi generasi Islam. Jika pekerjaan ini ditinggalkan maka akan lahir generasi yang bodoh. Sehingga akan terjasi banyak kerusakan di muka bumi akibat dari perbuatan orang yang tidak mengenal halal dan haram, benar dan salah, hak dan batil. Memang tidak sedikit kaum muslimin yang telah berjuang untuk melakukan pengajaran baca tulis al-Qur’an di masyarakat, namun usaha yang mereka lakukan harus ditingkatkan agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan yaitu masyarakat yang taat kepada aturan al-Qur’an. Pendidiakan al-Qur’an yang terdapat di masyarakat belum bisa memenuhi kebutuhan. Terbukti masih banyak generasi muda Islam yang belum bisa membaca al-Qur’an, apalagi mengetahui artinya dan mau mengamalkan isinya. Al-Qur’an memuat perintah yang harus dilakukan dan larangan yang harus dijauhi. Hasil belajar yang kurang bagus adalah akibat adanya problem yang selama iuni belum bisa dipecahkan. Maka problematika yang terdapat dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an termasuk dalam penelitian lapangan dimana data-data banyak ditemukan di lapangan. Penelitian ini difokuskan pada problematika yang dihadapi dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran al-Qur’an di SMP IT Darul Fikri Bawen dan solusi yang dilakukan oleh guru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dalam pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an, metode wawancara digunakan untuk mencari data di lapangan tentang pendidikan al-Qur’an dan metode dokumentasi digunakan untuk melengkapi data yang kurang lengkap dalam obsevasi dan wawancara. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode induktif dimana untuk mengetahui apakah dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an di SMP IT Darul Fikri sudah sesuai dengan teori pembelajaran. Dan metode deduktif yaitu dari pengalaman atau observasi di lapangan kemudian ditarik kesimpulan apakah pembelajaran baca tulis al-Qur’an sesuai dengan teori pembelajaran baca tulis al-Qur’an. Pembelajara baca tulis al-Qur’an di SMP IT Darul Fikri merupakan salah satu kegiatan belajar yang bertujuan melahirkan lulusan yang bisa membaca dan menulis huruf-huruf al-Qur’an secara benar sesuai dengan kaidah. Dalam pelaksanaan pembelajaran banyak problem yang muncul. Problem itu muncul dari dalam dan dari luar. Di antara problem dari dalam adalah kesulitan siswa memahami tulisan al-Qur’an karena al-Qur’an adalah bahasa asing. Problem dari luar adalah bisa berasal dari guru, metode, materi dan lain-lain. Problematika yang ada menghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Guru yang bertugas mengajarkan baca tulis al-Qur’an diharapkan berusaha sekuat tenaga untuk mengatasi problem yang ada. Dari penelitian ini kita bisa mengetahui apakah guru mampu mengatasi problem yang ada ataukah belum. Kalau belum berhasil maka diharapkan guru bisa menambah pengetahuannya tenteng pendidikan pembelajaran baca tulis al-Qur’an.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BACA TULIS AL-QUR’AN DAN SOLUSINYA PADA KELAS PERMULAAN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Nov 2009 08:44
Last Modified: 16 Nov 2010 01:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4833

Actions (login required)

View Item View Item