PENINGKATAN RESPON SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES (PTK Pembelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Kelas VIIIB Tahun Ajaran 2008/2009)

Winasih, Yuni (2009) PENINGKATAN RESPON SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES (PTK Pembelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Kelas VIIIB Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050111.pdf

Download (69kB)
[img] PDF
A210050111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan respon siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 2 Surakarta melalui pendekatan ketrampilan proses. Penelitian tindakan kelas ini mengambil subjek siswa kelas VIIIB yang berjumlah 37 siswa. Prosedur Penelitian ini meliputi pra penelitian, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan monitoring, refleksi dan kesimpulan hasil berupa peningkatan respon siswa. Penelitian ini mengambil dua siklus, untuk siklus II rencana pelaksanaan hampir sama dengan tindakan I hanya saja pelaksanaan yang akan dilakukan mempertimbangkan hasil refleksi dan evaluasi pada tindakan I. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan akhir peningkatan respon siswa adalah : 1) kesiapan menerima pelajaran 70%, mengerjakan tugas/PR 80%, konsentrasi penuh 60%, mencatat hasil pembahasan 80%, mengajukan pertanyaan 40%, mengemukakan ide, pendapat dan gagasan 50%, memperhatikan penjelasan guru 65%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada peningkatan respon siswa pada pembelajaran IPS melalui PKP yang meliputi : 1) kesiapan siswa menerima pelajaran sebelum tindakan sebanyak 43,24%, siklus I sebanyak 62,16%, siklus II sebanyak 70,27%; 2) mengerjakan tugas/PR sebelum tindakan sebanyak 27,07%, siklus I sebanyak 59,45%, siklus II sebanyak 81,08%; 3) konsentrasi penuh sebelum tindakan sebanyak 35,13%, siklus I sebanyak 48,64%, siklus II sebanyak 62,16%; 4) mencatat hasil pembahasan sebelum tindakan sebanyak 32,43%, siklus I sebanyak 62,16%, siklus II sebanyak 83,78%; 5) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebanyak 2,7%, siklus I sebanyak 29,72%, siklus II sebanyak 43,24%; 6) mengemukakan ide, pendapat dan gagasan sebelum tindakan sebanyak 8,10%, siklus I sebanyak 32,43%, siklus II sebanyak 54,05%; 7) memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan sebanyak 35,13%, siklus I sebanyak 56,75%, siklus II sebanyak 67,56%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, respon siswa, Pendekatan ketrampilan proses.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Nov 2009 08:29
Last Modified: 02 Jan 2012 06:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4828

Actions (login required)

View Item View Item