EFEKTIVITAS METODE CARD SORT DAN INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Komparatif di Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Gemolong Sragen Tahun Ajaran 2008/2009)

Mustika, Sri Norrohani Intan (2009) EFEKTIVITAS METODE CARD SORT DAN INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Komparatif di Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Gemolong Sragen Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
G000050011.pdf

Download (88kB)
[img] PDF
G000050011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/G000/G0000...

Abstract

Bahasa Arab tidak dapat dipisahkan dengan al-Quran, karena bahasa Arab merupakan bagian dari al-Quran. Selain itu, bahasa Arab merupakan alat komunikasi dan penghubung yang saat ini merupakan salah satu bahasa internasional yang diakui oleh dunia. Dalam proses pembelajara, guru yang menggunakan metode lama seperti menghafal, ceramah, membaca dan latihan sering menjadikan siswa merasa bosan. Sehingga pelajaran bahasa Arab menjadi momok tersendiri bagi siswa terutama yang memiliki latar belakang belum bisa membaca al-Quran. Hal ini menjadi fenomena tersendiri bagi sekolah di luar pesantren yang mengajarkan bahasa Arab kepada siswa. Sedangkan di MTs Muhammadiyah 1 Gemolong Sragen guru bahasa Arab masih menggunakan metode ceramah dan hafalan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai upaya mengetahui metode yang lebih efektif antara metode Card Sort dengan metode Index Card Match bila diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Gemolong Sragen tahun ajaran 2008 / 2009. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan eksperimen. Pembelajaran bahasa Arab memiliki dua teori yaitu, teori kesatuan dan teori bagian-bagian atau cabang-cabang. Teori kesatuan ialah bahasa Arab diajarkan sebagai satu kesatuan yang berhubungan erat, bukan dibagi-bagi atas beberapa bagian (cabang-cabang) yang bercerai berai. Sedangkan teori bagian-bagian adalah bahasa yang akan diajarkan, dibagi dalam beberapa cabang, setiap cabang memiliki buku pedoman masing-masing. Cabang-cabang bahasa Arab adalah: Muhadasah, Muthala’ah, Imla’, Insya’, Mahfudhat, dan Qowa’id. MTs Muhammadiyah 1 Gemolong Sragen adalah salah satu amal usaha muhamadiyah yang setingkat dengan sekolah menengah pertama (SMP) yang bergerak di bidang pendidikan yang ada di desa Ngembat Kembang Kragilan kecamatan Gemolong kabupaten Sragen. Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan. Metode Card Sort dan Index Card Match merupakan metode baru yang diterapkan dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MTs Muhammadiyah 1 Gemolong. Metode tersebut pada dasarnya menggunakan kartu permainan dalam proses pembelajaran . Metode Card Sort diterapkan di kelas VII A, sedangkan metode Index Card Match diterapkan di kelas VII B. Pada hasil analisis data yang telah dilakukan, proses pembelajaran bahasa Arab antara yang menggunakan metode Card Sort dan Indax Card Match tidak terdapat perbedaan yang signifikan, tetapi metode Card Sort lebih efektif daripada metode Index Card Match. Meskipun tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran bahasa Arab yang menggunakan metode Card Sort dan Index Card Match, tapi kemampuan siswa dalam menyusun kalimat dan memahami Qowaid meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al Qur'an, pembelajaran bahasa arab
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Nov 2009 08:21
Last Modified: 14 Jun 2011 05:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4825

Actions (login required)

View Item View Item