PENGARUH ASPEK-ASPEK IKLIM KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I DI SMK TUNAS MUDA KARANGANYAR

Budihapsari, Andriyani (2008) PENGARUH ASPEK-ASPEK IKLIM KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I DI SMK TUNAS MUDA KARANGANYAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410000051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aspek-aspek iklim kelas terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas I di SMK Tunas Muda Karanganyar tahun pelajaran 2006/2007. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMK Tunas Muda Karanganyar tahun pelajaran 2006/ 2007 dengan jumlah siswa 88 siswa. Peneliti mengambil sampel sebanyak 44 siswa kelas I SMK Tunas Muda Karanganyar tahun pelajaran 2006/2007. Data dikumpulkan dengan mengunakan metode angket dan dokumentasi. Pengujian persyaratan menggunakan uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan multiple regression analysis atau analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian dalam penelitian ini adalah (1) ada pengaruh positif dan signifikan iklim kelas terhadap prestasi belajar matematika dengan Fhitung = 9,973, (2) tidak ada pengaruh positif dan signifikan variabel dukungan terhadap siswa terhadap prestasi belajar dengan thitung = 0,816, (3) tidak ada pengaruh positif dan signifikan variabel kekompakan siswa terhadap prestasi belajar dengan thitung = 0,471, (4) ada pengaruh positif dan signifikan variabel pengembangan intelektual terhadap prestasi belajar dengan thitung = 3,570, (5) tidak ada pengaruh positif dan signifikan variabel keleluasaan dalam belajar terhadap prestasi belajar dengan thitung = -0,768, (6) tidak ada pengaruh positif dan signifikan variabel keterlibatan siswa dalam mengambil keputusan terhadap prestasi belajar dengan thitung = 0,592, (7) tidak ada pengaruh positif dan signifikan variabel inovasi kelas terhadap prestasi belajar dengan thitung = -0,015, (8) tidak ada pengaruh positif dan signifikan variabel kecukupan dan kelayakan sumber daya dan sarana terhadap prestasi belajar dengan thitung = -0,229, (9) tidak ada pengaruh positif dan signifikan variabel tekanan dan dorongan belajar terhadap prestasi belajar dengan thitung = 0,085. Koefisien determinasinya R2 = 0,625 dengan persamaan regresi Y = -10,987 + 0,152 X1 + 0,119 X2 + 1,065 X3 – 0,087 X4 + 0,086 X5 – 0,002 X6 – 0,066 X7 + 0,010 X8.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek-aspek iklim kelas dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 17 Sep 2008 02:31
Last Modified: 17 Nov 2010 11:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item