STUDI PERSEPSI PELANGGAN TENTANG HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KESETIAAN BAGI PEMAKAI KARTU IM3 INDOSAT DI KECAMATAN BOYOLALI

Hastuti, Puji (2009) STUDI PERSEPSI PELANGGAN TENTANG HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KESETIAAN BAGI PEMAKAI KARTU IM3 INDOSAT DI KECAMATAN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050103.pdf

Download (107kB)
[img] PDF
A210050103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kesetiaan pelanggan dalam menggunakan kartu Im3. 2. Untuk mengetahui pengaruh fasilitas produk terhadap kesetiaan pelanggan dalam menggunakan kartu Im3. 3. Untuk mengetahui pengaruh harga dan fasilitas produk terhadap kesetiaan pelanggan dalam menggunakan kartu Im3 di kecamatan Boyolali kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah konsumen IM3 di kecamatan Boyolali kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 50 orang pemakai kartu Im3. Pengambilan sampel menggunakan tehnik insidental sampel. Metode yang digunakan adalah Quesiner dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan (try out) dan di uji validitas dan reliabel. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas data dan uji linieritas data.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t dan uji F. Dari hasil analisis dapat diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut : Y = 19,769 + 0,339X1 + 0,300X2 hal tersebut menunjukkan bahwa variabel X1 yaitu harga dan variabel X2 yaitu Fasilitas produk mempunyai pengaruh terhadap Y yaitu kesetiaan pelanggan. Sumbangan relatif Variabel Harga sebesar 49% dan sumbangan efektinya 20,5%. Sumbangan relatif Variabel Fasilitas Produk sebesar 51% dan sumbangan efektifnya adalah 21,3%. Nilai R-squared = 0,418 berarti dapat diketahui bahwa pengaruh atau sumbangan yang diberikan harga dan fasilitas produk terhadap kesetiaan konsumen sebesar 41,8% sedangkan 58,2 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Seperti layanan, merk dan promosi/iklan. Dari uji t diketahui bahwa nilai t hitung fariabel harga (X1) lebih besar dari nilai t tabel pada taraf signi fikan 5% yaitu 2,462>1,960 maka Ho ditolak. Ini artinya fariabel harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesetiaan pelanggan. Sedangkan nilai t hitung fariabel Fasilitas Produk (X2) juga lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,537>1,960 maka Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan pula fariabel fasilitas produk juga mempunyai pengaruh signifikan terhadap kesetiaan pelanggan. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 16,897 dan F tabel 3,23 pada taraf signifikan 5% yang artinya F hitung  dari F tabel maka kesimpulan yang dapat diambil adalah variabel harga dan fasilitas produk secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap kesetiaan pelanggan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga, Fasilitas Produk, dan Kesetiaan Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Nov 2009 08:23
Last Modified: 16 Nov 2010 01:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4819

Actions (login required)

View Item View Item