HANDAYANI, NANIK TRI (2009) EKSPERIMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Pada Siswa Kelas VII MTs N Bekonang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050211.pdf Download (147kB) |
|
|
PDF
A410050211.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode think pair share dengan siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs N Bekonang. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling kemudian ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 40 siswa yaitu kelas VII B dan kelompok kontrol sebanyak sebanyak 39 siswa yaitu kelas VII C. Metode pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis data pada α= 5 % diperoleh ttabel = 1,991 dan thitung = 3,388 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode think pair share dengan siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode konvensional pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Implikasi dari penelitian ini adalah pengajaran matematika menggunakan metode think pair share pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi memberikan prestasi belajar yang lebih baik. Oleh karena itu metode think pair share dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengajaran, matematika, prestasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 19 Nov 2009 07:55 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 01:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4815 |
Actions (login required)
View Item |