PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DAN PENGELOLAAN PENGAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 GEMOLONG TAHUN 2008/2009

Lestari., Hetik (2009) PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DAN PENGELOLAAN PENGAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 GEMOLONG TAHUN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050090.pdf

Download (73kB)
[img] PDF
A210050090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A210/A2100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa; 2) pengaruh pengelolaan pengajaran terhadap prestasi belajar siswa; 3) pengaruh kelengkapan fasilitas belajar dan pengelolaan pengajaran terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Muhammadiyah 3 Gemolong. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Gemolong Kabupaten Sragen tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 120 siswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 89 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan regresi: Y = 4,609 + 0,066.X1 + 0,118.X¬2¬ yang artinya pengelolaan pengajaran memiliki pengaruh lebih besar (dominan) terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan dengan variabel kelengkapan fasilitas belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Kelengkapan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Gemolong tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X1 > ttabel yaitu 4,235 > 2,000 pada taraf signifikansi 5%. 2) Pengelolaan pengajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Gemolong tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X2 > ttabel yaitu 7,578 > 2,000 pada taraf signifikansi 5%. (3) Kelengkapan fasilitas belajar dan pengelolaan pengajaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Gemolong tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 70,828 > 3,15. Variabel kelengkapan fasilitas belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 19,6%. Sedangkan variabel pengelolaan pengajaran memberikan sumbangan efektif sebesar 42,6% terhadap prestasi belajar akuntansi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kelengkapan fasilitas belajar, pengelolaan pengajaran, prestasi belajar akuntansi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Nov 2009 07:44
Last Modified: 16 Nov 2010 01:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4810

Actions (login required)

View Item View Item