Implementasi Multiple Intelligences Dan Refleksi Praksis Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017

Agus Masni, Ridwan and , Drs. Marpuji Ali, M.SI. (2016) Implementasi Multiple Intelligences Dan Refleksi Praksis Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

This is the latest version of this item.

[img] PDF (Surat Pernyataan)
01.SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (522kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola pendidikan yang dilaksanakan selama ini masih memberikan perlakuan dan layanan yang sama kepada semua peserta didik. Padahal, mereka berbeda tingkat kecakapan, kecerdasan kognitif, minat, bakat, dan kreatifitasnya. Penggalian kecerdasan peserta didik masih sangat jarang dilakukan sebagai sandaran utama dalam pelaksanaan kegiatan dan pembelajaran di sekolah. kecenderungan minat, bakat, talenta, dan keterampilan dasar belum menjadi bagian yang integral. Dalam teori Gardner (Multiple Intelligences) yang mengembangkan 8 kecerdasan, pendidik dapat menumbuh kembangkan prestasi siswa secara menyeluruh. Konsep Multiple Intelligences yang menitik beratkan pada ranah keunikan selalu menemukan kelebihan setiap anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi konsep Multiple Intelligences di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus Kartasura dan kesesuaiannya dengan warisan pendidikan K.H. Ahmad Dahlan. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan masukan pada lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan Muhammadiyah, sehingga dalam proses penyelenggaraan pendidikan lebih fokus terhadap best process, bukan best input. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus Kartasura, Kepala Bidang Kesiswaan, Kepala Bidang Akademik, Wali Kelas, Guru, dan Wali Murid. Objeknya adalah pelaksanaan pembelajaran sebagai bentuk implementasi Multiple Intelligences di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus Kartasura. metode pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Analisis data kualitatif menggunakan deskripsi kualitatif dengan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menerapkan Multiple Intelligences, MIM PK Kartasura mengelompokkan siswa ke dalam suatu kelas berdasarkan hasil Multiple Intelligences Research yang kemudian dikelompokkan menjadi 3 kelas dengan kecenderungan gaya belajar yang mirip. Kelas A adalah kelompok siswa yang memiliki kecerdasan di bidang naturalis, intrapersonal, dan spaial-visual; Kelas B adalah kelompok siswa yang memiliki kecenderungan di bidang kinestetik, matematis-logis, dan musik; Sedangkan Kelas C adalah kelompok siswa yang memiliki kecenderungan di bidang linguistik dan interpersonal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Multiple Intelligences, Refleksi praksis, K.H. Ahmad Dahlan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: RIDWAN AGUS MASNI
Date Deposited: 18 Nov 2016 07:06
Last Modified: 18 Nov 2016 07:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/48046

Available Versions of this Item

  • Implementasi Multiple Intelligences Dan Refleksi Praksis Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017. (deposited 18 Nov 2016 07:06) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item