Analisis Desain Pendidikan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Boyolali Terhadap Peningkatan Pendidikan Islam Masyarakat Boyolali Tahun 2010-2015

Darmawan, Darmawan and , Dr. Abdullah Aly M.Ag. (2016) Analisis Desain Pendidikan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Boyolali Terhadap Peningkatan Pendidikan Islam Masyarakat Boyolali Tahun 2010-2015. Skripsi thesis, Fakultas Agama Islam.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04.BAB I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab VI)
09.BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
11.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
01.SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)

Abstract

Desain pendidikan merupakan langkah-langkah pendidikan yang di dalamnya terdapat (a) tujuan, (b) materi, (c) metode dan (d) evaluasi pendidikan, apabila dikaitkan dengan pendidikan Islam maka target pencapaian dari desain pendidikan adalah tujuan, materi, metode dan evaluasi pendidikan mengarah pada perkembangan spiritual keagamaan seorang individu atau masyarakat mulai dari sebelum individu mengikuti pendidikan sampai selesai dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu lembaga pendidikan Islam yang menerapkan desain pendidikan adalah Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Boyolali. Pendidikan yang dilaksanakan PCM Boyolali adalah pendidikan nonformal berupa pengajian keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) tujuan pendidikan PCM Boyolali apakah telah sesuai dengan pendidikan yang berdasarkan pendidikan Islam atau belum, (b) materi pendidikan PCM boyolali telah sesuai dengan materi pendidikan Islam atau belum, (c) metode pendidikan PCM boyolali telah sesuai dengan metode pendidikan Islam atau belum dan (d) Evaluasi pendidikan PCM boyolali telah sesuai dengan Evaluasi pendidikan Islam atau belum. Apabila pendidikan Islam PCM Boyolali belum sesuai dengan pendidikan berdasarkan Islam maka untuk kedepannya harus diarahkan berdasarkan pendidikan Islam. Ditinjau dari segi tempat, penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan (field research). Ditinjau dari sudut cara dan taraf pembahasan masalah, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Ditinjau dari jenisnya, penelitian ini termasuk penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis bersifat kualitatif lebih bersifat deskriptif-analitik yang berarti interpretasi terhadap isi dibuat dan disusun secara sistemik/menyeluruh dan sistematis, analilis data dilakukan secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) tujuan pendidikan PCM Boyolali telah sesuai dengan tujuan pendidikan berdasarkan pendidikan Islam, (b) materi pendidikan PCM Boyolali telah sesuai dengan materi pendidikan berdasarkan pendidikan Islam, (c) metode pendidikan PCM Boyolali telah sesuai dengan metode pendidikan berdasarkan pendidikan Islam dan (d) evaluasi pendidikan PCM Boyolali telah sesuai dengan materi pendidikan berdasarkan pendidikan Islam. PCM Boyolali diharapkan memperhatikan dengan baik pendidikan yang dilaksanakannya, pendidikan harus mengarah pada tujuan Islam sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin secara menyeluruh (kaffah) dalam membentuk masyarakat Islam. Kata Kunci: Desain, Pendidikan Islam, Masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain, Pendidikan Islam, Masyarakat.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: DARMAWAN
Date Deposited: 07 Nov 2016 01:51
Last Modified: 07 Nov 2016 01:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/47877

Actions (login required)

View Item View Item