EKSPERIMEN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA POKOK BAHASAN SUDUT PADA KELAS VII SMP N 1 NGUNTORONADI

SEPTININGSIH, NITA (2009) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA POKOK BAHASAN SUDUT PADA KELAS VII SMP N 1 NGUNTORONADI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050177.pdf

Download (140kB)
[img] PDF
A410050177.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk Mengetahui pengaruh metode pembelajaran aktif tipe Team Quiz terhadap prestasi belajar matematika, (2) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Untuk mengetahui interaksi antara metode pembelajaran aktif tipe Team Quiz dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Nguntoronadi sedangkan sampel diambil 64 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu 32 siswa untuk kelas eksperimen dan 32 siswa untuk kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah cluster sampling. Metode pengumpulan datanya adalah metode tes, sedangkan dokumentasi sebagai metode bantu. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai rapot semester ganjil tahun ajaran 2008/2009. Data prestasi belajar siswa diambil dengan metode tes. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi (anova) dua jalur. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh pembelajaran aktif tipe Team Quiz terhadap prestasi belajar matematika dengan signifikasi 0,039 < 0,05 (2) terdapat pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai signifikasi 0,029 < 0,05 dan (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran aktif tipe Team Quiz dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan signifikasi 0,209 > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Team Quiz, Kemampuan awal, Prestasi-belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 08:37
Last Modified: 16 Nov 2010 02:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4772

Actions (login required)

View Item View Item