IRAWATI, NANIK (2009) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR ( Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
![]()
|
PDF
A410050161.pdf Download (29kB) |
|
![]() |
PDF
A410050161.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika yang dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dan metode konvensional dalam kegiatan belajar mengajar matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Sampelnya yaitu kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa, sedangkan kelas kontrol adalah siswa kelas VIIB dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelompok (cluster random). Metode pengumpulan data adalah metode dokumen dan tes. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas Bartlet. Data dianalisis menggunakan uji t-test dengan skor tes setelah ada perlakuan sebagai variabel terikat. Hasil pengujian hipotesis menggunakan % 5 = α menunjukkan thit = 3,285 dimana thit > t(0.05:72) = 1,993 sehingga hipotesis H0 ditolak yang berarti ada perbedaan prestasi belajar matematika yang dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dan metode konvensional dalam kegiatan belajar mengajar matematika. Lebih lanjut dikatakan bahwa prestasi belajar matematika dengan menggunakan metode pembelajaran Pair Checks lebih baik daripada prestasi belajar matematika dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode-pembelajaran, Matematika, Prestasi-belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 18 Nov 2009 08:10 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 02:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |