EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING DAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI AKTIFITAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009

MASRUROH, RAHMAWATI (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI SCAFFOLDING DAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI AKTIFITAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050139.pdf

Download (71kB)
[img] PDF
A410050139.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan strategi scaffolding dan problem based learning terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matemtika, (3) interaksi antara penggunaan startegi mengajar dan aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Boyolali. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa untuk kelas VII A adalah 42 siswa dan kelas VII B sebanyak 40 siswa. Metode penggumpulan data yang digunakaan adalah metode tes dan metode angket sebagai metode pokok serta metode dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama pada a = 5%, diperoleh : (1) =2,729< =7,98 sehingga tidak terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) =29,929> =4,98 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan aktifitas yang tinggi, sedang maupun rendah terhadap prestasi belajar matematika, dan =0,7909< =4.98 sehingga tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: scaffolding, problem based learning, aktifitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 07:51
Last Modified: 16 Nov 2010 02:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4755

Actions (login required)

View Item View Item