SUPRIANA, ULIS (2009) PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS PORTOFOLIO DITINJAU DARI AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA NEGERI 2 SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410050133.pdf Download (58kB) |
|
PDF
A410050133.pdf Restricted to Repository staff only Download (951kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Pengaruh pembelajaran Creative Problem Solving berbasis Portofolio terhadap prestasi belajar matematika. 2) Pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. 3) Interaksi antara model Creative problem Solving Berbasis Portofolio dan aktivitas siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo. Sebagai sampel yang diambil dua kelas sebanyak 77 siswa yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan model CPS berbasis portofolio sedangkan kelas kontrol diberikan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar matematika siswa, metode angket untuk data aktivitas belajar siswa serta metode dokumentasi untuk mengetahui nilai ulangan harian matematika siswa yang digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Berdasarkan hasil penelitian ini, dengan α= 5% dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model CPS berbasis portofolio dengan konvensional terhadap prestasi belajar matematika, berdasarkan nilai Fobs = 25,81; 2) terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar matematika dilihat dari aktivitas belajar siswa yang tinggi, rendah dan sedang dengan Fobs = 6,603; 3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model CPS berbasis portofolio dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fobs= 0,238, ini berarti model CPS lebih efektif dari model konvensional yang tidak tergantung pada aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative Problem Solving, portofolio, aktivitas, pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 18 Nov 2009 07:42 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 02:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4751 |
Actions (login required)
View Item |