KONTRIBUSI PENDEKATAN PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA DITINJAU DARI KONSENTRASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI I WIROSARI (Pada kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 1 Wirosari Tahun Ajaran 2008/2009)

PUSPANINGRUM, RIKA (2009) KONTRIBUSI PENDEKATAN PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA DITINJAU DARI KONSENTRASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI I WIROSARI (Pada kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 1 Wirosari Tahun Ajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050127.pdf

Download (81kB)
[img] PDF
A410050127.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh konsentrasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) Interaksi antara metode pembelajaran dan konsentrasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Wirosari tahun 2008/2009 sebanyak sembilan kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII F sebagai kelas kontrol dengan jumlah 44 siswa dan kelas VIIIH sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 44 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode angket sebagai metode pokok serta dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari analisis variansi dua jalan dengan sel sama pada α = 5%, diperoleh : (1) Fhitung(metode)=5,89 > Ftabel = 3,95 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Fhitung(konsentrasi) = 0,42 < Ftabel = 3,10 yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara konsentrasi siswa baik konsentrasi tinggi, sedang maupun rendah terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) Fhitung(interaksi) = 6,28 < Ftabel = 3,10 yang berarti terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan konsentrasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Perhitungan sumbangan efektif (SE%) dan sumbangan relatif (SR%) untuk kelas kontrol SE X1%=0,20% dan SR X1% =21,47% sedangkan SE X2%=0,72 dan SR X2%=78,53%. Untuk kelas eksperimen diperoleh SE X1%= 0,28% dan SR X1%=4,85% sedangkan SE X2% =5,55%, sehingga metode pembelajaran (X1) dan konsentrasi belajar (X2) memberikan pengaruh yang baik dan kontribusi yang efektif terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, konsentrasi, kontribusi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Nov 2009 07:28
Last Modified: 16 Nov 2010 02:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4747

Actions (login required)

View Item View Item